ANALISIS KEGIATAN KLINIK BACA DENGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DI UPTD SDN KRATON 1

Isi Artikel Utama

Riski Umi Mahfiroh
Mohammad Edy Nurtamam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan klinik baca dengan menggunakan media buku cerita bergambar, yang akan memudahkan siswa dalam belajar membaca. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus,. Data diperoleh melalui observasi langsung terhadap kegiatan klinik baca, serta wawancara dengan guru dan siswa. Observasi dilakukan selama tiga minggu, dengan fokus kepada interaksi siswa dengan buku cerita bergambar yang dibaca serta respon siswa terhadap kegiatan membaca. Wawancara dilakukan untuk mengetahui pandangan siswa dan guru mengenai dampak buku cerita bergambar terhadap minat baca siswa. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara kalitatif deskriptif guna mengidentifikasi pola dan tema yang muncul. Hasil wawancara yang dilakukan dengan guru menyatakan bahwa dengan adanya kegiatan klinik baca dapat  membantu siswa yang belum lancar dalam membaca. Hasil wawancara dengan siswa menyatakan bahwa dengan adanya kegiatan klinik baca menggunakan buku cerita bergambar, mereka merasa senang dan antusias dalam belajar membaca,sehingga dengan adanya kegiatan klinik baca yang menggunakan media buku cerita bergambar  dapat manambah antusias dan minat siswa dalam membaca.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Umi Mahfiroh, Riski, dan Mohammad Edy Nurtamam. “ANALISIS KEGIATAN KLINIK BACA DENGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DI UPTD SDN KRATON 1”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 302–313. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2542.
Bagian
Artikel

Referensi

Mirnawati, L. B., & Fabriya, R. A. V. (2022). Penerapan Media Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 22-38.

Firgiawan, T., Gultom, M., Prayoga, I. I., Guriadi, M., Indriyani, S., Muslimah, R. H., ... & Rahman, T. A. (2024). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBSIS DIGITAL. Cahya Ghani Recovery.

Muawanah, M., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Asyik Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Di RA Al-Fikri Kota Batam. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1905-1914.

Dini, J. P. A. U. (2022). Permasalahan pola asuh dalam mendidik anak di era digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965-1975.

Maula, R., & Wathon, A. (2018). Pengembangan Game Imajinasi Anak Melalui Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 1(2), 129-143.

Sari A.(2023).Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Cerita Cerita Rakyat Tapa Malenggang Sebagai Media Literasi Untuk Peserta didik Kelas III Sekolah Dasar ( Doctoral dissertation,Universitas Jambi).

Anistia,R.K.N.(2023). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Dengan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Peduli Sosial Siswa Kelas IV Sekolh Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Lampung).

Jasmine, D. F., Sunaengsih, C., & Syahid, A. A. (2024). ANALISIS PROGRAM BUDAYA LITERASI DALAM PENINGKATAN MINAT BACA SISWA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 13(1), 80-89.

Yunansah, H., Yuniarti, Y., Herlambang, Y. T., Wahid, R., & Hendriyani, A. (2022). Rancang bangun media bahan ajar digital berbasis multimodalality dalam pendekatan pedagogik futuristik. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 1136-1149.

Sapri, S., Muhaini, A., & Zunidar, Z. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan media buku cerita bergambar di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 4107-4116.

Muantya, Y. P. (2011). Perancangan Buku Cerita Bergambar “Penyesalan Pak Toha” dalam Upaya Menumbuhkan Kesadaran Pelestarian Hutan bagi Anak-Anak.

Hanif,H.(2021). Pengembagan Buku Cerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Anka Usia Dini di KB AL Azkia IainPurwokerto(Doctor dissertation,IAIN Purwokerto).

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429-1437.

Nozila, R., & Ramadan, Z. H. (2024). Peran Guru dalam Minat Baca Anak melalui Perpustakaan Sekolah. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(1), 71-80.