PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENDA DAN KEGUNAANNYA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS II SD NEGERI 101040 AEK SIGAMA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak
Penelitian Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Benda dan Kegunaanya di kelas II SD Negeri 101040 Aek Sigama untuk mengetahui perbedaan belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan dengan yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan pada pembelajaran materi Benda dan Kegunaannya di kelas II SD Negeri 101040 Aek Sigama. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan menerapkan dan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan. Penelitian yang digunakan panelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar, lembar observasi pendidik, penelitian aktivitas siswa,untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase dari penilaian hasil belajar, sikap dan aktivitas siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 101040 Aek Sigama Kabupaten Padang Lawas Utara yang berjumlah 10 siswa. Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran materi Benda dan Kegunaanya diketahui dengan hasil tes pada siklus I dan siklus II yang peningkatan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan secara klasikal. Hal ini terbukti dari hasil ulangan materi Benda dan Kegunaannya yang diperoleh pada awal dari 10 siswa yang tuntas 4 orang dengan persentase 40% dan yang tidah tuntas 6 orang dengan persentase 60%, pada siklus I yang tuntas 5 orang dengan persentase 50% dan yang tidak tuntas 5 orang dengan persentase 50%, pada siklus II yang tuntas 8 orang dengsn persentse 80% dan yang tidak tuntas 2 orang dengan persentase 20%. Jadi dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 101040 Aek Sigama
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan
Abstract
Research To improve student learning outcomes on the object and its use in class II SD Negeri 101040 Aek Sigama to see changes in student learning who use the Environmental Based Learning Model by not using the Environment-Based Learning Model in learning object material and its use in class II SD Negeri 101040 Aek Sigama. This research was conducted in 2 cycles, each cycle consisting of 2 meetings and implementing and implementing an Environmental Based Learning Model. The research used in this research is a test technique to see learning outcomes, teacher observation sheets, student activity research, to see teacher and student activities during the learning process. The results showed an increase in the proportion of student learning outcomes, attitudes and activities. The research subjects were second grade students of SD Negeri 101040 Aek Sigama, Padang Lawas Utara Regency which could accommodate 10 students. The increase in learning outcomes in learning the Object and Its Purpose material is known by the test results in cycle I and cycle II which increase the average value and the proportion of classical completeness. This is evident from the results of the material repetitions of Objects and their Usefulness which were obtained at the beginning of the 10 students who completed 4 people with a proportion of 40% and 6 people who were not completed with a proportion of 60%, in the complete cycle I were 5 people with a proportion of 50% and those who did not. complete 5 people with a proportion of 50%, in the complete second cycle 8 people with a percentage of 80% and 2 people who were not complete with a proportion of 20%. So it can be denied that the Environment-Based Learning Model can improve the learning outcomes of grade II students of SD Negeri 101040 Aek Sigama
Keywords: Learning Outcomes, Environmental Based Learning Model
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.