PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SISWA DI SD NEGERI 100950 TOLONG

Isi Artikel Utama

Amin Giemael
Habib Rahmansyah
Sukriadi Hasibuan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menerapkan pembelajarn  diskusi kelompok terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 100950 Aek Tolong tahun ajaran 2020/2021. data dikumpulkan dengan menggunakan pretest dan posttest. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan menerapkan eksperimen (one group pretest post test) dengan subjek 18 siswa dan diambil dengan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pencapaian IPA siswa sebelum menggunakan diskusi kelompok adalah 55,55 (kategori buruk) dan setelah menggunakan diskusi kelompok adalah 77,78 (kategori baik). Selanjutnya dengan menggunakan pair sample ttetst (SPSS 22) menunjukkan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05. Artinya ada peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar IPA dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok pada siswa kelas IV SD Negeri 100950 Aek Tolong tahun ajaran 2020/2021.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Giemael, Amin, Habib Rahmansyah, dan Sukriadi Hasibuan. “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SISWA DI SD NEGERI 100950 TOLONG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 117–122. Diakses Desember 21, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/161.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama