MEMBANGUN KESADARAN EKOLOGI MELALUI PENDEKATAN STEAM: PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Davina Kartika Putri
Moza Amanda Nasution
Niken Nur Sahidah
Dina Mayadiana Suwarma
Jenuri Jenuri

Abstrak

Pendidikan ekologi pada tingkat sekolah dasar menjadi pondasi penting dalam membentuk generasi yang sadar dan peduli lingkungan. Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) menawarkan metode inovatif yang mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif, kreatif, dan kontekstual. Artikel ini mengkaji penerapan STEAM melalui studi literatur untuk membangun kesadaran ekologi peserta didik. Temuan menunjukkan bahwa pendekatan STEAM mampu meningkatkan pemahaman dan tindakan nyata peserta didik dalam isu-isu lingkungan, dengan teknologi dan seni sebagai elemen pendukung utama. Namun, tantangan seperti minimnya fasilitas teknologi dan kurangnya pelatihan guru memerlukan perhatian khusus. Artikel ini memberikan rekomendasi untuk mengoptimalkan implementasi STEAM dalam pembelajaran ekologi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Kartika Putri, Davina, Moza Amanda Nasution, Niken Nur Sahidah, Dina Mayadiana Suwarma, dan Jenuri Jenuri. “MEMBANGUN KESADARAN EKOLOGI MELALUI PENDEKATAN STEAM: PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2132–2139. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2834.
Bagian
Artikel

Referensi

Kristiyani, T. (2020). Self-regulated learning: Konsep, implikasi dan tantangannya bagi siswa di Indonesia. Sanata Dharma University Press.

Hafecs. (n.d.). STEAM: Pendekatan Pembelajaran Interaktif untuk Pendidikan Abad 21. HAFECS Post.

Nuragnia, B., Nadiroh, & Usman, H. (2021). Pembelajaran STEAM di Sekolah Dasar: Implementasi dan Tantangan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 187-197.

Rahayu, S., Rahmawati, F. P., & Ghufron, A. (2024). Analisis Efektivitas Program Sahabat Pohon Dalam Membangun Karakter Dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 613-626.

Pubmedia. (n.d.). Pendekatan STEAM dalam Meningkatkan Kesadaran Ekologi. Journal Biology.

Eduhumaniora. (n.d.). Kesadaran Ekologi dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal EduHumaniora.

UNY Journal. (n.d.). Teknologi dan Media Pembelajaran dalam Pendidikan Ekologi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.

Hidayat, M., & Zulkarnain, T. (2018). Efektivitas Poster dalam Pendidikan Ekologi. Jurnal Pendidikan Lingkungan, 7(2), 125-134.

Santoso, B., & Kurniawati, D. (2021). Peran Seni Mural dalam Pendidikan Lingkungan Hidup. Jurnal Seni dan Pendidikan, 10(1), 20-35.

Shabrina, S. Z., & Sholihah, H. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Steam Di Sekolah Dasar. EduCurio: Education Curiosity, 1(1), 209-216.

Wahyuni, R. (2019). Seni Daur Ulang sebagai Media Pendidikan Ekologi. Jurnal Ilmu Lingkungan, 18(1), 89-100.

Zubaidah, S. (2019, September). STEAM (science, technology, engineering, arts, and mathematics): Pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21. In Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September (pp. 1-18).