IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penulisan ini bertujuan untuk membahas implementasi teori belajar Behavioristik dalam pembelajaran di SD melalui metode kajian literatur. Teori memahami perilaku manusia dengan menggunakan pendekatan objektif, mekanistik, dan materialistik, sehingga setiap perubahan perilaku seseorang dapat dilakukan melalui upaya pengkondisian. Guru dapat dengan mudah mengukur keberhasilan pembelajaran karena teori ini berorientasi pada perilaku yang tampak berupa “hasil yang dapat diukur, diamati, dianalisis, dan diuji secara obyektif.” Selain itu, teori ini membantu siswa memahami aturan dan prosedur secara jelas, sehingga cocok diterapkan pada anak-anak atau siswa dengan tingkat pemahaman awal yang belum kompleks.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abidin, A. M. (2022, Mei 9). Penerapan Teori Belajar Behaviorisme dalam Pembelajaran (studi pada anak). 15(1), 1-8.
Huda, M., Fawaid, A., & Slamet. (2023, Agustus). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. PENDEKAR: Jurnal Pendidikan Berkarakter, Vol 1. No. 4, 64-72.
Iskandar, M. Y. (2020, September). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 7, No 1, 57-70.
Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik. Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ), 1, 64-78.
Shabana, E. B., Farizqi, F. K., & Satria, R. (2020, Maret). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, Vol 9, No. 1, 24-33.
Rahmawati, W. N. (2024). Teori Belajar Behavioristik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 12-19.