IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Agnes Hilmi Priatna
Elsa Azahra
Imran Mahir
Umi Salamah
Jenuri Jenuri
Dina Mayadiana Suwarma

Abstrak

Penulisan ini bertujuan untuk membahas implementasi teori belajar Behavioristik dalam pembelajaran di SD melalui metode kajian literatur. Teori memahami perilaku manusia dengan menggunakan pendekatan objektif, mekanistik, dan materialistik, sehingga setiap perubahan perilaku seseorang dapat dilakukan melalui upaya pengkondisian. Guru dapat dengan mudah mengukur keberhasilan pembelajaran karena teori ini berorientasi pada perilaku yang tampak berupa “hasil yang dapat diukur, diamati, dianalisis, dan diuji secara obyektif.” Selain itu, teori ini membantu siswa memahami aturan dan prosedur secara jelas, sehingga cocok diterapkan pada anak-anak atau siswa dengan tingkat pemahaman awal yang belum kompleks.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Priatna, Agnes Hilmi, Elsa Azahra, Imran Mahir, Umi Salamah, Jenuri Jenuri, dan Dina Mayadiana Suwarma. “IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1160–1166. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2721.
Bagian
Artikel

Referensi

Abidin, A. M. (2022, Mei 9). Penerapan Teori Belajar Behaviorisme dalam Pembelajaran (studi pada anak). 15(1), 1-8.

Huda, M., Fawaid, A., & Slamet. (2023, Agustus). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. PENDEKAR: Jurnal Pendidikan Berkarakter, Vol 1. No. 4, 64-72.

Iskandar, M. Y. (2020, September). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 7, No 1, 57-70.

Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik. Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ), 1, 64-78.

Shabana, E. B., Farizqi, F. K., & Satria, R. (2020, Maret). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, Vol 9, No. 1, 24-33.

Rahmawati, W. N. (2024). Teori Belajar Behavioristik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Motivasi Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 12-19.