UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SUB TEMA TUMBUHAN DI SEKITARKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON-EXAMPLES BAGI SISWA KELAS 1 SD NEGERI 100050 PASARMATANGGOR

Isi Artikel Utama

Yulinda Syari Harahap
Zulfadli Zulfadli
Nurbaiti Nurbaiti

Abstrak

ABSTRACT


This study aimed to describe improvement students’ reading comprehension on the topic Tumbuhan Disekitarku by using examples non-examples learning model at the first grade students of SD  Negeri 100050 Pasarmatanggor. The approach of the research used Class Action Research and the total subject were 28 students. Observation and test were used in collecting the data. The first cycle, students’ reading comprehension showed 15 students (53.57%) reached Minimum Completeness Criteria. Observation sheet showed students’ activities in learning process was 72.62%. Furthermore the second cycle, students’ reading comprehensionon the topic Tumbuhan Disekitarku  showed  21 students (75%) reached Minimum Completeness Criteria and observation sheet showed students’ activities in learning process was 91.67%. It’s concluded examples non-examples learning model  able to improve students’ reading comprehension on the topic Tumbuhan Disekitarku at the first grade students of SD  Negeri 100050 Pasarmatanggor.


 Keywords: students’ reading comprehension, examples non-examples learning model 


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman membaca siswa pada materi Tumbuhan Disekitarku dengan menggunakan model pembelajaran examples non-examples  pada siswa kelas I SD Negeri 100050 Pasarmatanggor. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dan jumlah subjek penelitian adalah 28 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam pengumpulan data. Siklus I, kemampuan membaca siswa menunjukkan 15 siswa (53,57%) mendapatkan KKM. Lembar observasi menunjukkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran adalah 72,62%. Selanjutnya pada siklus II, kemampuan membaca siswa pada topik Tumbuhan Disekitarku menunjukkan 21 siswa (75%) mendapatkan KKM dan lembar observasi menunjukkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran adalah 91,67%. Disimpulkan model pembelajaran examples non-examples mampu meningkatkan pemahaman membaca siswa pada materi Tumbuhan Disekitarku pada siswa kelas I SD Negeri 100050 Pasarmatanggor.


                Kata kunci: pemahaman membaca siswa, model pembelajaran examples non-examples

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Harahap, Yulinda Syari, Zulfadli Zulfadli, dan Nurbaiti Nurbaiti. “UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SUB TEMA TUMBUHAN DI SEKITARKU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON-EXAMPLES BAGI SISWA KELAS 1 SD NEGERI 100050 PASARMATANGGOR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 1 (Februari 15, 2022): 75–82. Diakses Mei 6, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/267.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 > >>