PENGARUH PENGGUNAAN E-MODUL BERBASIS VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA FABEL SISWA KELAS V SD INPRES 4/82 BIRU KABUPATEN BONE
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini merupakan studi kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe One Group Pre-test–Post-test yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan e-modul berbasis video terhadap kemampuan bercerita fabel siswa kelas V SD Inpres 4/82 Biru, Kabupaten Bone. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan e-modul berbasis video, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan bercerita fabel siswa. Subjek penelitian berjumlah 27 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes kemampuan bercerita fabel yang diberikan sebelum dan sesudah penggunaan e-modul. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial melalui uji normalitas serta uji Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai rata-rata siswa, dari 24,30 pada pre-test menjadi 63,07 pada post-test. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan e-modul berbasis video berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan bercerita fabel siswa. Dengan demikian, e-modul berbasis video dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa di jenjang sekolah dasar.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Anhar, B. A., Muslim, F., & Kurniadi, R. (2024). Pengembangan bahan ajar e-modul berbasis video berbasis canva pada mata kuliah Media Pembelajaran dan TIK. Journal on Teacher Education, 5(4), 68-77.
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. 2018. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Fiqri, Muhammad, Sri Wahyuningsih, and Tina Nurhasanah (2022). “Sistem pendukung keputusan pemilihan marketplace terbaik menggunakan metode ahp pada Kelurahan Gunung Batu.” Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer 2(02): 268–80.
Kartika, M.L. (2014). “Pembelajaran Kemampuan Menulis di Kelas VIII SMP Negeri 1 Bantul. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Kusumaningrum, N., & Kultsum, H. U. (2022). Efektifitas media pembelajaran multiplay card dalam pembelajaran perkalian terhadap hasil belajar matematika pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4913-4924.
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. (2020). Analisis bahan ajar dalam kegiatan belajar dan mengajar di SDN Karawaci 20. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 15(16), 311-326.
Maswar. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri melalui kegiatan bercerita. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, (9).
Nuri, A. (2022). Pengaruh Penggunaan E-modul berbasis video Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas IV di UPT SDN 6 Penumangan Baru Tulang Bawang Tengah. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan media pembelajaran Fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 17-25.
Ritonga, A. P., Andini, N. P., & Iklmah, L. (2022). Pengembangan bahan ajaran media. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 343-348.
Sudirman and Abdul Haling. (2024). Authentic learning to enhance the learning interest of outlying children. Atlantis Press SARL.
Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2022). Analisis manfaat penggunaan e-modul berbasis video interaktif sebagai media pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139-144.
Zulfi. (2024). Pengaruh E-Modul Sebagai Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Peserta Didik. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.