PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 87 PATTIRO KECAMATAN DUA BOCCOE KABUPATEN BONE
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap motivasi belajar IPAS siswa kelas IV SDN 87 Pattiro, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi, lalu dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis melalui Paired Sample t-Test dengan bantuan program IBM SPSS Statistics Version 26. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest setelah penerapan model pembelajaran SAVI. Nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil daripada 0,05, dan nilai t-hitung (21,692) lebih besar daripada t-tabel (2,06390), yang menunjukkan bahwa model SAVI berpengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Dengan demikian, hipotesis penelitian diterima. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan yang melibatkan pengalaman langsung (somatic), pendengaran (auditory), visualisasi (visual), dan pemikiran intelektual (intellectual) efektif meningkatkan motivasi belajar. Oleh karena itu, guru disarankan mengimplementasikan model pembelajaran SAVI untuk menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Amelia, U. 2023. TantanganPembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus: JurnalManajemen Pendidikan Islam, Vol. 1 (1): 68–82.
Aulia, Z., Salfadilah, F., Akrara, S., &Febrianti, Y. 2025. Peran PendidikdalamMengembangkanMotivasi Minat Belajar Sains pada Anak Usia SD/MI. Al-Hasib: JurnalManajemen Pendidikan Islam, Vol. 1 (3): 86–96.
Baharuddin, & Wahyuni, E. N. 2018. Teori Belajar&Pembelajaran. Jogjakarta: Az-Ruzz Media.
Emzir. 2017. MetodologiPenelitian Pendidikan: Kuantitatif&Kualitatif. Depok: PT RajaGrafindoPersada.
Rachamawati. 2019. EfektivitasPendekatan Somatic, Auditory, Visualization and Intellectual (SAVI) terhadapPeningkatanMotivasiBelajarIPA pada Materi Usaha dan PesawatSederhanadi SMPN 26 Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Rahayu, Astrini; Nuryani, Pupun; Riyadi, A. Rakhmat. 2019. Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar. JPGSD, Volume.4 No.II, Agustus 2019, hlm 102-111
Sudirman, Shabir, A., & Ramadhan, R. R. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 16 Cellu Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Jurnal Global Pendidikan dan Teknologi, Vol. 1 (1): 55–77.
Sudirman, Kasmawati, K., & Jauhar, S. J. S. 2023. Pengaruh Pemberian Reward terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 198 Cinennung Kecamatan Cina Kabupaten Bone. Bestari: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 4(1): 16-25.
Wardi, dkk. 2024. PengaruhModel Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) terhadap Minat dan Hasil dalamPembelajaranTematikSiswaKelasIII SDN Larangan Timur 2 TanjungbumiBangkalan. JurnalIlmiah Wahana Pendidikan, Vol. 10 (5): 970-982.