PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 78 NAGAULENG KABUPATEN BONE

Isi Artikel Utama

Sudirman
Ikhsan
Andi Ayu

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 78 Nagauleng Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 20 orang dan Wali Kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, mendeskriptifkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam mengolah pembelajaran mengalami peningkatan yang optimal dari siklus I ke siklus II yang dilihat dari aktivitas guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang baik sesuai dengan langkah- langkah model pembelajaran card sort. Aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yang dilihat dari pengamatan selama kegiatan pembelajaran. Adapun hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 11 dari 20 siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan nilai rata-rata 72,75 dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 55% (cukup), dan mengalami peningkatan pada siklus II terdapat 17 dari 20 siswa memperoleh nilai tuntas dengan nilai rata-rata 77,75 dengan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 85% (baik). Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran card sort dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sudirman, Sudirman, Ikhsan Ikhsan, dan Andi Ayu. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 78 NAGAULENG KABUPATEN BONE”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3699–3707. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3824.
Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arini, T. (2020). Peningkatan hasil belajar IPS melalui metode card sort siswa kelas VII B di SMP Negeri 3 Kampak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 20(2), 367–389.

Artha, I. K. A. J., Yulianingsih, W., & Cahyani, A. D. (2022). Implementation of managerial competencies for PKBM managers in community empowerment program. International Journal of Education and Learning Systems, 7.

Astuti, E. P. (2016). Kemandirian belajar Matematika siswa SMP/MTS di Kecamatan Prembun. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(5), 65-75.

Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22.

Ernedisman, E. (2018). Penerapan model pembelajaran card sort untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 024 Munsalo Kopah Kecamatan Kuantan Tengah. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(1), 26-28.

Fahrunnisa, W., Bardi, S., & Thamrin. (2016). Penerapan model pembelajaran card sort untuk meningkatkan hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VII SMPN 7 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, I(1), 193–202.

Hanifah, E. N., & Wulandari, T. (2018). Penggunaan metode card sort untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS Kelas VIII E SMP Negeri 1 Majalengka. JIPSINDO ( Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 5(1), 21–43.

Irham, Sulaiman Saat, & Sitti Mania. (2019). Penerapan model pembelajaran card sort dan make a match pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Galesong Selatan Kab. Takalar. Jurnal Diskursus Islam, 4(3), 1–13.

Israwaty, I., Nurjanah, N., Azzahra, N.(2022). Penerapan Model Pembelajaran inside outside circle (IOC) untuk meningkatkan hasil belajar tentang pengaruh kalor terhadap kehidupan. Jurnal Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi, Sains, dan Teknologi, 2(3) 52-78

Jihan, I., Asbari, M., Nurhafifa, S. (2023). Quo vadis pendidikan Indonesia: kurikulum berubah, pendidikan membaik?. JISMA (Jurnal of Information System And Management), 2(5), 2807-5633.

Rahmawati, D. Y., Wening, A. P., Sukadari, S., & Rizbudiani, A. D. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPAS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2873–2879.

Sudirman., Mujahidah., Anwar.A.R. (2025). Pengaruh penggunaan e-modul berbasis video terhadap kemampuan bercerita fabel pada siswa kelas V sekolah dasar. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(5), 2775-2445

Sudirman., Asriadi., Munasiah, H. (2025). Pengaruh model course riview horay terhadap minat belajar IPAS siswa kelas V SD inpres 12/79 Cellu II Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. JIPDAS ( Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar). 3(1), 2775-2445

Syomwene,A. (2018). Indikator sekolah yang efektif untuk proses implementasi kurikulum yang bermutu. Jurnal Pendidikan, Sains, dan Teknologi.4(3), 150-159.

Wijayanti, D.W., & Ekantini, A. (2019). Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS SD/MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2),2011-2012.

Yusuf, F., Anitra, R., & Setyowati, R. (2022). Pengaruh model pembelajaran card sort terhadap hasil belajar PPKn siswa sekolah dasar.Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1),1-12.