PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PPKn SDN 13 BIRU KECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE

Isi Artikel Utama

Muhammad Idris Jafar
Sudirman Sudirman
Mawar Febrianti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis persepsi guru terhadap implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SDN 13 Biru, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone. Fokus kajian meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memahami konsep Kurikulum Merdeka, namun masih mengalami kendala dalam penyusunan perangkat ajar. Dalam pelaksanaan, prinsip diferensiasi telah diterapkan meskipun penerapan metode yang menumbuhkan kemandirian siswa masih terbatas. Penilaian formatif dan sumatif dipahami guru, tetapi pelatihan lanjutan diperlukan untuk optimalisasi. Disarankan agar sekolah memberikan dukungan berupa pelatihan dan pendampingan, serta guru terus mengembangkan kompetensi sesuai tuntutan kurikulum. Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi dampak implementasi kurikulum terhadap hasil belajar dan efektivitas strategi pembelajaran PPKn.


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Jafar, Muhammad Idris, Sudirman Sudirman, dan Mawar Febrianti. “PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PPKn SDN 13 BIRU KECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2551–2558. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3051.
Bagian
Artikel

Referensi

Halimah, (2023). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal Basicedu. Volume 19 Nomor 2.

Mahtumi, I., Purnamaningsih, I. R., & Purbangkara, T. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek (Projects Based Learning). Uwais Inspirasi Indonesia

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 65.

Restu Rahayu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, dan Prihantini , (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak.Jurnal Basicedu Volume 6 Nomor 4.

Sari, D., & Sumarni, R. (2023). Persepsi Guru Terhadap Kurikulum Merdeka dan Dampaknya Terhadap Strategi Pembelajaran di SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 113–124.

Sidiq, U., &Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo.

Cv Nata Karya .

Sudirman (2019). Strategi Implementasi Kurikulum : Suatu Kajian Perspektif Teori Di Sekolah dasar . Jurnal Manajmen Pendidikan Islam . Volume 9, No. 2Agustus 2019 .

Sugiyanto, (2023). Tantangan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 12, Nomor 1, Tahun 2024.

Sugiyono. (2019). Metode PenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Tuerah, R. M., &Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalamPerspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9 (19), 979-988.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2024 Pasal 1 Ayat 1 Tentang Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah: