PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MINAT BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD INPRES 12/ 79 CELLU II KECAMATAN TANETE RIATTANG TIMUR KABUPATEN BONE Model Course Review Horay, Minat Belajar
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini merupakan studi kuantitatif dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest yang bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap minat belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa kelas V SD Inpres 12/79 Cellu II. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model CRH, sedangkan variabel terikatnya adalah minat belajar IPAS. Populasi penelitian terdiri atas seluruh siswa kelas V yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket untuk mengukur tingkat minat belajar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata skor pretest sebesar 60,25 berada pada kategori rendah, sedangkan rata-rata skor posttest meningkat menjadi 70,25 yang berada pada kategori sedang. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan model Course Review Horay memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model CRH efektif dalam meningkatkan minat belajar IPAS pada siswa kelas V SD Inpres 12/79 Cellu II.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Amin, N. F., Garancang, S., Abunawas, A. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1), 15–31.
Amran, M., Sudirman, S., & Aras, L. (2023). Penerapan model pembelajaran word square untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas V SDN 274 Mattirowalie. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(2), 252-259.
Faradita, M. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 185–192.
Kusumaningrum, N., & Kaltsum, H. U. (2022). Efektifitas media pembelajaran multiply card dalam pembelajaran perkalian terhadap hasil belajar Matematika pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4913–4924
Muliani, R. D. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat 2(2). 133-139
Ningrum, W. K., Putu, L., Mahadewi, P., & Japa, I. G. N. (2019). Pengaruh model pembelajaran course review horay terhadap keaktifan dan hasil belajar Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(2), 209–218.
Nugroho & Mudiantono, (2019). Studi tentang media sosial terhadap pengembangan UKM melalui keunggulan bersaing dan implementasi model a.i.d.a. pada UMKM pangan di Kota Semarang. Journal of Management, 8 (4), 152-165.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128–135.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Reka cipta.
Pradana, F. A. P. (2020). Pengaruh budaya literasi sekolah melalui pemanfaatan sudut baca terhadap minat membaca siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 1(2).
Sudirman, S.,& Haling, A. (2024). Authentic Learning to Enhance the Learning Interest of Outlying Children (Issue Icstee 2023). Atlantis Press SARL.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabet.
Viqri, D., Gesta, L., Rozi, M. F., Syafitri, A., & Falah, A. M. (2024). Problematika pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran, 4, 310–315.