PENERAPAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA PADA MATERI MENGENAL KOTA/KABUPATEN DI KELAS III SDN SIKUMANA I

Isi Artikel Utama

Kristina Bernadete Kewa Tereng
Silvester Petrus Taneo
Maxsel Koro

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS melalui penerapan media pembelajaran puzzle, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tempat penelitian dilaksanakan di SDN Sikumana 1 Kota Kupang. Terdapat 3 teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: teknik observasi, teknik tes, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatf. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III SDN Sikumana 1 yang berjumlah 24 peserta didik terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 24 orang yang tuntas 17 (71%) , sedangkan yang tidak tuntas 7 orang (29%). Namun, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu siklus II dari 24 peserta didik dinyatakan tuntas berjumlah 22 orang (92%), sedangkan yang tidak tuntas 2 orang (8%). Untuk dua orang yang tidak tuntas akan diberikan remedial dan pengayaan oleh wali kelas.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Tereng, Kristina Bernadete Kewa, Silvester Petrus Taneo, dan Maxsel Koro. “PENERAPAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA PADA MATERI MENGENAL KOTA/KABUPATEN DI KELAS III SDN SIKUMANA I”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2691–2699. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2947.
Bagian
Artikel

Referensi

Efrita, I., Ramadhanti, K., & Anjarwani, R. (2023). Puzzle Media Communication Strategy to Improve Grade 1 Maths Learning Outcomes ( Case Study at SD Negeri 36 Kayu Pasak West Sumatra ) Strategi Komunikasi Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 ( Studi Kasus di SD Negeri 36 Kayu P. 1(3), 94–104.

Hariati, E., Hidayat, W., Saputri, S. A., Puzzle, M., & Belajar, H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas III SD NegerI 106154 Desa Kota Rantang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6, 3907–3912.

Hasibuan, M. P., Azmi, R., Arjuna, D. B., Rahayu, S. U., Islam, U., & Sumatera, N. (2023). Analisis Pengukuran Temperatur Udara Dengan Metode Observasi. 1.

Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123–140. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.48

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru ? 1(2).

Meylovia, D., & Alfin Julianto. (2023). Inovasi Pembelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 25 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(1), 84–91. https://doi.org/10.69775/jpia.v4i1.128

Murni, N. F. (2021). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, 5(1), 7–11. https://doi.org/10.20961/seeds.v5i1.56736

Pane, S. M., Lubis, M., & Sormin, S. A. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Bermuatan Kearifan Lokal Terintegrasi TPACK untuk Siswa Kelas V Sekolah. 6(3), 377–384.

Permata, R. D., & Nugrahani, R. (2023). Validasi Ahli pada Pengembangan Media Puzzle Book untuk Anak Usia 4-5 Tahun. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5286–5289. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2201

Ritonga, M., Matondang, Y., Miswan, M., & Parijas, P. (2020). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Min 1 Pasaman Barat. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 76. https://doi.org/10.24269/adi.v4i2.2106

Sari, F. R. K., & Utomo, A. C. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Hak dan Kewajiban untuk Meningkatkan Kerja Sama Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 12(1), 109–121.

Taqiyah, S. Z. (2023). Implementasi Manual Media Kaana Puzzle Dalam Pembelajaran Tata Bahasa Arab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 34–51. https://doi.org/10.30997/tjpba.v4i1.6952

Tri Prastawati, T., & Mulyono, R. (2023). Peran Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Alat Peraga Sederhana. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 378–392. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.709

Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif : Konsep , Prosedur , Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. 5, 198–211.

Zulyantina, I. S. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Materi Pendistribusian Kembali (Redistribusi) Pendapatan Nasional Melalui Penerapan Metode Discovery Siswa Kelas 8.4 SMP Negeri 22 Bandar Lampung Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Guru Indonesia, 8656, 474–484.