PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA TENTANG ORGAN PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN DANAU INA OESAPA

Isi Artikel Utama

Maxsel Koro
Jelianti Haga
Netty E. A Nawa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang “organ pernapasan manusia” melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning di kelas V SDN Danau Ina Oesapa. Jeni penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Danau Ina Oesapa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) Observasi, 2) Tes dan 3) Dokumentasi. Berdarakan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dapat dilihat dai perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 36% siswa yang tuntas, pada siklus II yaitu: 84% siswa yang tuntas. Hal ini membuktikan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Koro, Maxsel, Jelianti Haga, dan Netty E. A Nawa. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA TENTANG ORGAN PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN DANAU INA OESAPA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4407–4414. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3460.
Bagian
Artikel

Referensi

Alfiani, Erlita. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas V Mi Ma’Arif Ngrupit Ponorogo.” : 1–105. http://etheses.iainponorogo.ac.id/20667/.

Arifianti, Ulfah, S D Islam, and Al Firdaus. 2020. “Project Based Learning Dalam Pembelajaran IPA.” Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series 3(3): 2079–82. https://jurnal.uns.ac.id/shes.

Dahri, Nuraeni. 2022. “Problem and Project Based Learning (PPjBL) Model Pembelajaran Abad 21.” CV. Muharika Rumah Ilmiah 1: 1–110. https://repo.unespadang.ac.id/id/eprint/334/1/BUKU MODEL_PPjBL_2022.pdf.

Dewi, Mia Roosmalisa. 2022. “Kelebihan Dan Kekurangan Project-Based Learning Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka.” Inovasi Kurikulum 19(2): 213–26. doi:10.17509/jik.v19i2.44226.

Ewisahrani, E, W Widia, F Fathurrahmaniah, A Arwan, A Haris, and Muarif Islamiah. 2020. “Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP.” Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA) 1(02): 50–53. doi:10.56842/jp-ipa.v1i02.11.

Mone, Ferawati, Andriyani A. Dua Lehan, and Netty EA Nawa. "Efektivitas Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Oebafok." Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 4.2 (2023): 586-592.

Tuerah, Roos M S, and Elisa A Mamahit. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Pinasungkulan.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Mei 2023(9): 723–34. https://doi.org/10.5281/zenodo.8000498.

Lismen, Susi, Syams Murni Jaya, Cici Yulihendri, Armiati Armiati, and Dessi Susanti. 2023. “Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa.” Jurnal Education and Development 11(3): 79–86. doi:10.37081/ed.v11i3.4907.

Mangangantung, Jeanne, Fitra Pantudai, and Joulanda A.M. Rawis. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 5(2): 1163–73. doi:10.31004/edukatif.v5i2.4962.

Rehani, Annisa, and Triono Ali Mustofa. 2023. “Implementasi Project Based Learning Dalam Meningkatkan Pola Pikir Kritis Siswa Di SMK Negeri 1 Surakarta.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 12(4): 487–96. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/273.

Ratnawulan, Teti, Agus Wahyu, Hari Suprayoga, Haldi Rizkiawan Sukarna, and Ricky Yoseptry. 2024. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik Di SMAN 14 Bandung.” Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan 12(2): 475–92. doi:10.47668/pkwu.v12i2.1172.

Sampe, M., Koro, M., & Logo, R. P. J. B. (2024). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDI Bertingkat Kelapa Lima 3. ISLAMIKA, 6(3), 1430-1437.

Sari, Indri Marlita, Ahmad Syawaluddin, and Alphian Sahruddin. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Purwoharjo.” Pinisi: Journal of Teacher Professional 3(3): 373–78. https://ojs.unm.ac.id/TPJ.