PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA TENTANG ORGAN PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN DANAU INA OESAPA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang “organ pernapasan manusia” melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning di kelas V SDN Danau Ina Oesapa. Jeni penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Danau Ina Oesapa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) Observasi, 2) Tes dan 3) Dokumentasi. Berdarakan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dapat dilihat dai perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 36% siswa yang tuntas, pada siklus II yaitu: 84% siswa yang tuntas. Hal ini membuktikan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Alfiani, Erlita. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas V Mi Ma’Arif Ngrupit Ponorogo.” : 1–105. http://etheses.iainponorogo.ac.id/20667/.
Arifianti, Ulfah, S D Islam, and Al Firdaus. 2020. “Project Based Learning Dalam Pembelajaran IPA.” Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series 3(3): 2079–82. https://jurnal.uns.ac.id/shes.
Dahri, Nuraeni. 2022. “Problem and Project Based Learning (PPjBL) Model Pembelajaran Abad 21.” CV. Muharika Rumah Ilmiah 1: 1–110. https://repo.unespadang.ac.id/id/eprint/334/1/BUKU MODEL_PPjBL_2022.pdf.
Dewi, Mia Roosmalisa. 2022. “Kelebihan Dan Kekurangan Project-Based Learning Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka.” Inovasi Kurikulum 19(2): 213–26. doi:10.17509/jik.v19i2.44226.
Ewisahrani, E, W Widia, F Fathurrahmaniah, A Arwan, A Haris, and Muarif Islamiah. 2020. “Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP.” Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA) 1(02): 50–53. doi:10.56842/jp-ipa.v1i02.11.
Mone, Ferawati, Andriyani A. Dua Lehan, and Netty EA Nawa. "Efektivitas Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Oebafok." Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 4.2 (2023): 586-592.
Tuerah, Roos M S, and Elisa A Mamahit. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Pinasungkulan.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Mei 2023(9): 723–34. https://doi.org/10.5281/zenodo.8000498.
Lismen, Susi, Syams Murni Jaya, Cici Yulihendri, Armiati Armiati, and Dessi Susanti. 2023. “Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa.” Jurnal Education and Development 11(3): 79–86. doi:10.37081/ed.v11i3.4907.
Mangangantung, Jeanne, Fitra Pantudai, and Joulanda A.M. Rawis. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 5(2): 1163–73. doi:10.31004/edukatif.v5i2.4962.
Rehani, Annisa, and Triono Ali Mustofa. 2023. “Implementasi Project Based Learning Dalam Meningkatkan Pola Pikir Kritis Siswa Di SMK Negeri 1 Surakarta.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 12(4): 487–96. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/273.
Ratnawulan, Teti, Agus Wahyu, Hari Suprayoga, Haldi Rizkiawan Sukarna, and Ricky Yoseptry. 2024. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik Di SMAN 14 Bandung.” Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan 12(2): 475–92. doi:10.47668/pkwu.v12i2.1172.
Sampe, M., Koro, M., & Logo, R. P. J. B. (2024). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDI Bertingkat Kelapa Lima 3. ISLAMIKA, 6(3), 1430-1437.
Sari, Indri Marlita, Ahmad Syawaluddin, and Alphian Sahruddin. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Purwoharjo.” Pinisi: Journal of Teacher Professional 3(3): 373–78. https://ojs.unm.ac.id/TPJ.