ANALISIS KEAKTIFAN DALAM PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMODAL PADA MATAPELARAN IPAS MATERI MAGNET KELAS IVB SD ISLAM SULTAN AGUNG 02 SEMARANG

Isi Artikel Utama

Nanda Aulia Savitri
Muhamad Afandi
Yulina Ismiyanti

Abstrak

Penelitian  yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis keaktifan peserta didik dalam penerapan media pembelajaran multimodal materi gaya magnet pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IVB SD Islam Sultan Agung 02 Semarang. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran multimodal, seperti video, PowerPoint interaktif, praktik pengamatan, permainan edukatif, dan games berbasis digital, mampu meningkatkan keaktifan siswa. Peserta didik tampak lebih fokus, antusias, serta aktif berpartisipasi dalam setiap langkah pembelajaran. Media multimodal terbukti mampu mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa dan menciptakan suasana pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Savitri, Nanda Aulia, Muhamad Afandi, dan Yulina Ismiyanti. “ANALISIS KEAKTIFAN DALAM PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMODAL PADA MATAPELARAN IPAS MATERI MAGNET KELAS IVB SD ISLAM SULTAN AGUNG 02 SEMARANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1698–1705. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3017.
Bagian
Artikel

Referensi

Abidin, Y. (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMODAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 103–116.

Andayani, N. D., Suciptaningsih, O. A., & Mas, S. (2025). Pengembangan Modul Ajar Materi Panca Indra Berbasis TPACK untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 8(April), 4517–4527.

Azizah, Z. L. (2025). Sebuah Literature Review : Pendekatan Pedagogis Literasi Lintas Mata Pelajaran Melalui Text Multimoda di Era Society 5 . 0. 173–184.

Cavanagh, T. M., & Kiersch, C. (2023). Using commonly-available technologies to create online multimedia lessons through the application of the Cognitive Theory of Multimedia Learning. Educational Technology Research and Development, 71(3), 1033–1053. https://doi.org/10.1007/s11423-022-10181-1

Chatra, A., & Achjar, komang ayu. (2023). Metode Penelitian Kualitatif : Panduan Praktis untuk analisis data. T. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=yp7NEAAAQBAJ&lpg=PA43&ots=E58PrUwYIc&dq=Pendekatan kualitatif dipilih karena memungkinkan peneliti mengeksplorasi fenomena secara holistik dan kontekstual sesuai dengan kondisi nyata di kelas (Creswell %26 Poth%2C 2018)

Hastuti, N. W., Nurrahmah, S., & Darmawan, H. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. 4, 391–397.

Hidayah, P. N., Fatih, M., & Alfi, C. (2024). Desain Maze Chase Labirin Materi Panca Indera Meningkatkan Advercity Quotient Siswa Kelas V SD. 10(4), 1399–1406.

Indriyani, P., Utami, T. P., Nabela, U., Saputra, E. Y., & Wahyuni, Z. A. (2025). Peningkatan Keaktifan Peserta Didik pada Pembelajaran IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Media Audio-Visual di Kelas IV SD. 11, 274–279.

Indriyanti, E., Nawawi, E., & Saputra, D. (2024). Pemanfaatan Multimedia pada Mata Pelajaran IPAS sebagai Paradigma Pendidikan Abad - 21 di SD Negeri 241 Palembang. 47–56.

Juita, N., Raksun, A., & Budiman, M. A. (2025). Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 45 Ampenan Menggunakan Game Edukasi Berbasis Wordwall. 10, 199–205.

Layn, M. R., Setyo, A. A., Simangunsong, A., Studi, P., Matematika, P., & Sorong, U. M. (2025). Pembelajaran Digital Interaktif Multimodal Berbasis Netboard.Me Untuk Keterampilan Kolaborasi, Komunikasi, Dan Berpikir Kritis (3cs). 6(1), 74–84.

Maghfiroh, A. (2025). Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Teks Iklan Berbantuan Sumber Belajar Multimodal. 11(1), 1037–1046.

Munfiatik, S. (2023). Collaborative Learning sebagai Model Inovasi Pendidikan dalam Pembelajaran. SINOVA: Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial, 1(2), 83–94.

Olvah, M., Alfan, M., Nusantara, T., Suyitno, I., & Anggraini, A. E. (2024). Pemanfaatan Berbagai Media dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Siswa dalam Perspektif Multimodal Literacy. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 6391–6398. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4689

Rahmawati, M. (2023). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN MEDIA YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. JURNAL HASIL PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN, 1, 41–49.

Riani, E., Rejekiningsih, T., & Santosa, E. B. (2024). Video Interaktif untuk Optimalisasi Kemampuan Bernalar Kritis Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1249–1257. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3345

Wala, G. N. (2025). Strategi Peningkatan Literasi dan Minat Belajar Siswa: Studi Kasus pada Peserta Didik Sekolah Menengah. 2(3), 485–494.

Widaningrum, E., Hernawan, valerius R., Prasetya, A. E., & Jonathan, J. A. (2024). PENERAPAN LKPD SANDI KOTAK MATERI MAGNET TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DI KELAS 4 SDN PLAOSAN 1. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 nomor 1.

Yudiharyanto, Vita Istihapsari, D. A. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Inquiry Learning di Kelas VI B SDN Tegalrejo 2 Tahun Ajaran 2020/2021. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, 1263–1273.

Zahara, M., & Hardi, S. P. (2025). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POHON LITERASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 220 KOTA JAMBI. 9(1), 379–386.

Zakiyyah, L., Mudzanatun, & Setyaningsih, A. N. (2024). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Magnet di Kelas V SD Supriyadi Semarang. 24(7), 28–42.