ANALISIS GAYA BELAJAR TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Dewi Rintani
Muhamad Afandi
Jupriyanto Jupriyanto

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan gaya belajar terhadap kepercayaan diri siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial kelas IV SD N Gedawang 01 Kecamatan Banyumanik Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Gedawang 01. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian, dan menyimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan jenis gaya belajar dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri menjadi meningkat. Hal ini dibuktikkan pada kelompok belajar Visual (V), Auditori (A), dan Kinestetik (K) memenuhi 4 indikator kepercayaan diri diantaranya percaya pada kemampuan diri sendiri, bertindak mandiri dalam mengambil keputusan, bertanggung jawab, dan bersemangat ketika mengemukakan pendapat.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rintani, Dewi, Muhamad Afandi, dan Jupriyanto Jupriyanto. “ANALISIS GAYA BELAJAR TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1716–1724. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3021.
Bagian
Artikel

Referensi

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146–150.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Dewi, P. T. I., Puspadewi, K. R., & Wibawa, K. A. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kuta Selatan. Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2020 (MAHASENDIKA), 9, 77–86. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/Prosemnaspmatematika/article/view/911

Fianto1)*, Z. A., Krisgiyanti, N. A., Cahyani, B. S., Nurwita, S., & Sekar Suci, Maria Melani Ika Susanti, E. N. (2025). Identifikasi gaya belajar siswa sekolah dasar guna mengaplikasikan pembelajaran berdiferensiasi. 110–116.

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202

Magdalena, I., Nur, A., Universitas, A., & Tangerang, M. (2020). Identifikasi Gaya Belajar Siswa (Visual, Auditorial, Kinestetik). PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 1–8. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Masruroh, A. A., Faturohman, Y., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2019). Analisis Self Confidence Siswa Kelas X Ht 3 Smk Sangkuriang 2 Dalam Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 379. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i6.p379-384

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Nikmatul, D. (2023). ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA UNTUK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH DASAR. 3(1), 68–75.

Pamungkas, A. S., Mentari, N., & Nindiasari, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP Berdasarkan Gaya Belajar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 69. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i1.209

Puja Lestari, G., Hayati, L., Kurniawan, E., & Amrullah. (2022). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 748–756. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.218

Rahmah, N. L. (2022). Nur+Lailatur+Rahmah. X(X), 9–14.

Rudini, M., & Saputra, A. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis TIK Masa Pandemi Covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 841. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.841-852.2022

Rusmana, fattah amal iko. (2016). Memerdekakan siswa melalui pendidikan: Relevansi konsepsi pemikiran pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Tim Kreatif LKM UNJ Hlm, 1(1), 1–23. http://repository.unj.ac.id/724/4/Memerdekakan Siswa Melalui Pendidikan %28Jurnal%29.pdf

Safitri, S. M., Masnawati, E., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Dukungan Orang Tua dan Kepercayaan Diri terhadap Minat Belajar Siswa. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 14(1), 77–90. https://doi.org/10.54180/elbanat.2024.14.1.77-90

Spradley, P., & Huberman, M. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. 1(2), 77–84.

Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 210–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646

Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236