PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Berpikir kritis merupakan kemampuan penting yang membantu siswa dalam menghadapi tantangan kehidupan nyata. Pembelajaran yang mendorong siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, dan memecahkan masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Model Problem Based Learning (PBL) menekankan pemecahan masalah nyata sebagai inti pembelajaran, sementara PowerPoint interaktif digunakan sebagai media pendukung untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantu PowerPoint interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri 25 Palembang yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket kemampuan berpikir kritis, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji statistik untuk membandingkan hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantu PowerPoint interaktif berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model ini menunjukkan peningkatan dalam menganalisis, mengevaluasi, dan menyelesaikan masalah dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penggunaan model PBL dan PowerPoint interaktif dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Agendari, M. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hypermedia. Lampung: Literasi Nusantara Abadi.
Agustin, M., & Pratama, Y. A. (2021). Keterampilan Berpikir Dalam Konteks Pembelajaran Abad Ke-21. Bandung: PT Refika Aditama.
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (BASASTRA) Di Sekolah Dasar.
PERNIK Jurnal paud
Ali, N., Crawford, R., & Horn, M. (2019). Critical thinking in PBL: Development of a bespoke tool for critical thinking . In HEAD'19. 5th International Conference on Higher Education Advances.
Angraini, L., Fitri, R., & Darussyamsu, R. (2022). Model Pembelajaran Problem-Based Learninguntuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik. Jurnal Pembelajaran Biologi.
Cahyo, E. (2021). Pemahaman Konsep Dasar Ips Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI).
Dwiana, J. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Berdiskusi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Journal Of Learning and Instructional Studies.
Elsabrina, U. R., Hanggara, S. G., & Sancaya, S. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Creative Problem Solving. Senja KKN.
Eryani. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Cerita (Novel) Sejarah Siswa Kelas XII. AKL 2 SMK Negeri 1 Dumai Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.
Facione, P. A. (2011). Critival Thinking: What Is Is and Why It Counts. California Academic Press.
Febrita, L., & Harni. (2020). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Fithriyah, N. N., & Isma, U. (2024). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah (JMI).
Halidu, S., Hasim, E., Pahrun, R., & Choirunisa. (2023). Pengembangan Media Power Point Interaktif Dalam Literasi Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN 11 Batudaa Pantai. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS.
Hartati, T., Damaianti, V. S., Gustiana, A. D., Aryanto, S., & Jannah, W. N. (2022). Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jawa Barat: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI).
Herman, T., Andini, M., Nurhanifah, N., & Wulandari, I. (2024). Kemampuan Berpikir Matematis Berpikir Relasional, Berpikir Fungsional, dan Berpikir Kritis. Kota Bandung: Indonesia Emas Group.
Hermawati , Masrul, & Ediputra, K. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan Bulat Kelas VII SMP. Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara.
Husnita, L., Wardhani, S., & Nawawi, S. (2019). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sel Di SMA Negeri Palembang. Bioilmi Vol. 5 No. 2 .
Juhji, & Suardi, A. (2018). Profesi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Era Globalisasi. Profesi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan.
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Universitas Majalengka.
Naimah, F. L., Aprilia, R., Nuraisah, F., Purweni, M., Utomo, A. P., & Pramono, Y. (2023). Analisis Kalimat Fakta dan Opini dalam Teks Artikel pada Buku IPS Kelas X SMA Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial.
Nashar, Nurhasanah, A., & Fauzan, R. (2021). The Effectiveness of Critical Thinking Ability on the Basis of Quizizz Application Viewed from Problem Based Learning Model in History Learning of Senior High School. IOP Publishing Ltd.
Prasetiyo, M. B. (2021). Model pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Lantanida Journal.
Rahmawati, N., Makkasau, A., & Raihan, s. (2023). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Gamifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Pinisi Journal Of Science & Technology , 4.
Risandy, L. A., Sholikhah, S., Ferryka, P. Z., & Putri, A. F. (2023). Penerapan Model Based learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Kajian dan Penelitian Umum.
Risda. (2019). Kemampuan Menentukan Fakta Dan Opini Pada Teks Berita Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Sigi Biromaru. Jurnal Bahasa dan Sastra.
Rosmaini. (2023). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Septi, P. R., Agustina, L., Sholihah, B., & Setyaningrum, S. P. (2024). Peningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based learning Berbantu Media video dan PowerPoint Interaktif Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran.
Sihotang, K. (2019). Berpikir Kritis Kecakapan Hidup di Era Digital. Yogyakarta: PT Kanisius. Siswanti, A. B., & Indrajit, R. E. (2023). Problem Based Learning. Jl. Beo 38-40, Yogyakarta:
Andi (Anggota IKAPI).
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Susilawati dkk. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi.
Susanti, Pomalato, S. W., Resmawan, & Hulukati, E. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menggunakan Multimedia Interaktif. Journal on Mathematics Education. Sutriyanti, Y., & Mulyadi. (2019). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerapan Berpikir Kritis Perawat Dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan di Rumah Sakti.
Jurnal Keperawatan Raflesia.
Titin, & Kurnia, I. (2022). Pemanfaatan Powerpoint Interaktif sebagai Media Pembelajaran Biologi di SMA. EduBiologi.
Tumanggor, M. (2021). BERPIKIR KRITIS : Cara jitu menghadapi tantangan pembelajaran abad 21. Ponorogo: Gracias Logis Kreatif.
Wardani, D. A. (2023). Problem Based Learning: Membuka Peluang Kolaborasi Dan Pengembangan Skill Siswa. Jurnal Penelitian dan Penjaminan Mutu.