PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE MULTISENSORI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 16 PALEMBANG

Isi Artikel Utama

Evi Franinta Ginting
Hetilaniar Hetilaniar
Marleni Marleni

Abstrak

 


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode multisensori pada pembelajaran matematika kelas V SD Negeri 16 Palembang pada semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 16 Palembang Tahun Pelajaran 2023/2024 yaitu kelas eksperimen. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu Eksperimen Semu (Quasi Eksperimen) melalui metode pembelajaran multisensori. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas (X) yaitu metode Multisensori dan variabel terikat (Y) yaitu Hasil Belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalisasi, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan penelitian ini memperoleh jumlah nilai rata-rata hasil belajar posttest pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 79,20 dalam kategori baik. Dari hasil penelitian data yang diperoleh menggunakan metode pembelajaran multisensori pada kelas eksperimen memperoleh hasil yang sangat efektif untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Uji independent – sample t-test pada hipotesis yaitu dengan thitung > ttabel yaitu 1,8230.68531 membuktikan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode multisensori pada pembelajaran matematika siswa Kelas V SD Negeri 16 Palembang.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Franinta Ginting, Evi, Hetilaniar Hetilaniar, dan Marleni Marleni. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE MULTISENSORI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 16 PALEMBANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 102–109. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2432.
Bagian
Artikel

Referensi

Ain, N. (2022). Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Autis Kelas Dasar Iii Di Slb C Ypplb Makassar.

Anni, C.T. (2020). Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press.

Dimyati dan Mudjiono. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, R., & Prastowo, A. (2021). Peningkatan Efektivitas Program Remedial melalui Strategi Problem Based Learning dalam Penilaian Pai. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 154-166.

Marienzi, R. (2012). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Angka Melalui Metode Multisensori Bagi Anak Autis. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 1(3).

Suardi, Moh. 2018. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Supardi. (2019). Penilaian Autentik: Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor (Konsep dan Aplikasi). Jakarta: Rawali Pers.

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya Offset.

Tobing, V. L., & Ambarita, D. F. P. (2023). Analisis Aktivitas Belajar Multisensori Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Kelas Iv Sdn 105268 Telaga Sari. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21288-21292.

Yandi, A. (1 Januari 2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara (Jpsn).

Yolanda, M., Yensy, N.A., dan Siagian, T. 2019. Efektivitas Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Kontekstual Di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol 3 (3). Hal 353-361.

Yurniwati, A. N. (2015). Penerapan Model Multisensori Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. In Makalah Disajikan Dalam Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny.

Wahyuni, A., Hartana, D. D., & Rachmadi, S. S. (2020). Metode Pembelajaran yang Digunakan oleh Guru Sekolah Dasar. PENSA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 23–27.