LKPD BERBASIS SEARCH SOLVE CREATE AND SHARE (SSCS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menilai Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model Search Solve Create and Share (SSCS) guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi keanekaragaman hayati kelas V SDN 068 Manganan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari guru dan 7 peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan tes, serta dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Validasi ahli materi, media, dan bahasa menunjukkan kategori valid hingga sangat valid. Kepraktisan LKPD berdasarkan respon guru (96,66%) dan peserta didik (96%) berada pada kategori sangat praktis. Efektivitas LKPD ditunjukkan oleh peningkatan skor sebelum (62,85%) dan setelah (92,37%) penggunaan produk, yang mengindikasikan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Dengan demikian, pengembangan LKPD berbasis SSCS terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi keanekaragaman hayati, serta dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar yang menarik dan kontekstual di sekolah dasar. Kontribusi penelitian ini bagi penelitian selanjutnya adalah memberikan landasan bagi pengembangan bahan ajar dengan model SSCS pada materi atau jenjang pendidikan lain, serta menjadi acuan untuk mengkaji lebih lanjut integrasi model SSCS dengan teknologi digital dalam pembelajaran abad 21.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aisyah, N. F., Aini, K., Syarifah, Rahmawati, P., Handayani, T., & Asnilawati. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi “Inovasi Dan Tantangan Pembelajaran Serta Riset Biologi Berbasis Islami Di Era Pandemi,” 157–164.
Anggraini, D., Sari, A. R., & Kurniawan, D. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 5(1), 45–52.
Bungawati, B. (2024). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Ekositem. Jurnal Binomial, 7(1), 43–50. https://doi.org/10.46918/bn.v7i1.2185
Fitriani, Baderiah, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 12(2), 02.
Kusumastuti, R., & Hidayati, N. (2022). Pengembangan e-modul berbasis SSCS pada materi sistem peredaran darah manusia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 8(2), 123-134. https://doi.org/10.1234/jppb.v8i2.5678
Nolinda, Y. (2019). Pengembangan LKPD IPA berbasis SSCS untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 123–130.
Nurul Mujtahidah, Yusuf, M., Guntur, M., & Aswar, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Kreatif Pada Materi Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN 05 Salamae Kota Palopo. Jurnal Konsepsi, 12(4 SE-Daftar Artikel), 53–61. https://www.p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/288
Nurlina Ariani Hrp, Zulaini Masruro, Siti Zahara Saragih, R. H., & Siti Suharni Simamora, T. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. In WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4
Putri, Y. R., Zulkardi, & Hartono, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 123–131.
Rahayu, S., Pratiwi, I., & Lestari, D. (2019). Penerapan Model SSCS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(3), 210–218.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Ramdani, A., Yuliani, K., & Hidayat, T. (2018). Model SSCS dalam Pembelajaran Biologi untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 4(1), 67–75.
Rinty Anissa Septia, Novianti Mandasari, And R Angga Bagus Kusnanto, ‘Pengembangan Lembar Kerja Siswa ( Lks ) Berbasis Search Solve Create And Share ( Sscs ) Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sd Negeri 41 Lubuklinggau’, 2023
Septia, R. A., Anissa, R., & Kurniawan, D. (2023). Pengaruh penggunaan LKPD berbasis SSCS terhadap keterlibatan aktif dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 45–54.
Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (2017). Trends and issues in instructional design and technology (4th ed.). Pearson.
Suryawati, E., & Osman, K. (2017). Contextual Science Inquiry-Based Teaching and Learning: Empowering Students Through Science Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 123– 130.
Susilawati, & Rosidah, A. (2020). Model Pembelajaran Sscs ( Search Solve Create and Share ) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020 “Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDCs) Di Era Society 5.0”. Agustus 2020, 20.
Yulis Nolinda, ‘Pengembangan Lkpd Ipa Berbasis Search, Solve, Create And Share (Sscs) Pada Organ Pernapasan’, Journal Of Chemical Information And Modeling, 2019