PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH DI KELAS IV SD NEGERI 101114 AEK BADAK JAE KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Isi Artikel Utama

Pahmai Saroh
Sabri Sabri
Sartika Rati Asmara Nasution

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah penelitiam apakah terdapat peningkatan yang relevan antara penggunaan metode pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101114 Aek Badak Jae Kabupaten Tapanuli Selatan tahun ajaran 2021/2022. Rancangan penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdapat dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101114 Aek Badak Jae Kabupaten Tapanuli Selatan yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil analisis nilai rata-rata siswa pada sub tema lingkungan tempat tinggalku sebelum menggunakan metode Index Card Match nilai rata-rata 65,37, berada pada kategori “Kurang”, sesuadah mengguanakan metode Index Card Match nilai rata-rata pada siklus I  sebesar 70 dan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 79,25 berada pada kategori “Baik”, dari perbandingan hasil belajar siswa kelas IV pada siklus I sebesar 55% dan pada siklus II sebesar 90%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Saroh, Pahmai, Sabri Sabri, dan Sartika Rati Asmara Nasution. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH DI KELAS IV SD NEGERI 101114 AEK BADAK JAE KABUPATEN TAPANULI SELATAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 2 (Mei 3, 2021): 32–39. Diakses April 27, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/32.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>