PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SD

Isi Artikel Utama

Aufa Sakina Az-zahra
Taufiqulloh Dahlan
Moh. Nurhadi

Abstrak

Penelitian ini berlatar belakang pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, banyak siswa yang tidak menyukai pembelajaran matematika karena bagi mereka matematika adalah pembelajaran yang menyulitkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model project based learning berbantuan aplikasi wordwall dengan membandingkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek dari penelitian ini yakni siswa kelas II SD Negeri 1 Cipeundeuy, sedangkan objeknya adalah kelas II B dan II C, kelas tersebut dipilih menggunakan teknik purposive sampling dimana atas pertimbangan para guru dari pihak sekolah dan setelah diuji kelas tersebut juga memiliki tingkat kemampuan pehamahan konsep matematika yang setara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian tipe Quasi Eksperiment dan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Pretest, posttest dan lembar observasi adalah metode pengumpulan data yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji t dua sampel bebas menunjukkan perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol; dengan nilai signifikansi 2-tailed 0.042 < 0.05, Ho ditolak dan H1 diterima. Ini menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan model project based learning berbantuan aplikasi wordwall dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika yang berbeda. Hasil uji n-gain ternormalisasi menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen bernilai 66% sedangkan pada kelas kontrol bernilai 22%, artinya kelas yang menggunakan model project based learning berbantuan aplikasi wordwall memiliki peningkatan yang lebih besar daripada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Sementara itu, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model project based learning berbantuan aplikasi wordwall digunakan uji regresi linear sederhana dan mendapatkan nilai 0.048 < 0,05. Jika dilihat dari thitung > ttabel dapat di hasilkan 2,087 > 2,069. Maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan model project based learning berbantuan aplikasi wordwall memiliki perbedaan dengan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Penggunaan model project based learning berbantuan aplikasi wordwall juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap siswa.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Az-zahra, Aufa Sakina, Taufiqulloh Dahlan, dan Moh. Nurhadi. “PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SD”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4154–4164. Diakses Desember 26, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3404.
Bagian
Artikel

Referensi

Alhayat, Amsal, Mukhidin Mukhidin, Tuti Utami, and Rika Yustikarini. 2023. “The Relevance of the Project-Based Learning (PjBL) Learning Model with ‘Kurikulum Merdeka Belajar.’” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 7(1):105. doi:10.20961/jdc.v7i1.69363.

Annisa, Mutiara. n.d. (2024) “Pendidikan Guru Sekolah Dasar.” Skripsi Ilmiah Ilmu Pendidikan, Pendidikan Guru Sekolah dasar" (PGSD)

Azizah, Tsania Noor Aini, Shokhibul Arifin, and Ika Puspitasari. 2023. “Penerapan Media Pembelajaran Wordwall dalam Menunjang Pemahaman Konsep Siswa: Indonesia.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(5):3168–75. doi:10.54371/jiip.v6i5.1655.

Santina, Rizki Ocha, and Fitri Hayati. n.d. “Analisis Peran Orangtua dalam Mengatasi Perilaku Sibling Rivalry Anak Usia Dini https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/319 .

Puspita, Meyra Dellya. n.d. “Pengaruh Model Project based Learning Berbantuan Wordwall Terhadap Peningkatan Kemampuan Numerasi Matematika Peserta Didik Kelas 3 Sekolah Dasar.”

Yanto, Febri, and Ima Ni’mah Chudari. N.d. (Peran Orang Tua Siswa Kelas IV SD Negeri Sumuranja 2 dalam Membantu Belajar di Rumah”