UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 083 PIDOLI

Isi Artikel Utama

Khairatih Lubis
Reviva Safitri
Sartika Rati Asmara Nasution

Abstrak

Penelitian ini berawal dari permasalahan dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 083 Pidoli, dimana sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi Pembelajaran IPA, sehingga minat dan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA diterapkan Model Pembelajaran Team Game Torunament (TGT) pada siswa kelas IV SD Negeri 083 Pidoli. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri 083 Pidoli. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini  dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian dari setiap siklus telah dilaksanakan dengan menggunakan Model Team Game Tournament (TGT) menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran  maupun hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian siswa dalam pembelajaran, dimana pada siklus 1 nilai rata-rata yang diperoleh siswa baru mencapai ketuntasan 60% dengan nilai rata-rata 68,48%, sedangkan pada siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup tinggi dengan nilai rata-rata siswa 80 dengan ketuntasan mencapai 48%. Dengan demikian dapat disimpulkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA Materi Energi dan Perubahannya di Kelas IV SD Negeri 083 Pidoli.


 


Kata Kunci: Model Team Game Tournament (TGT), Energi dan Perubahannya

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lubis, Khairatih, Reviva Safitri, dan Sartika Rati Asmara Nasution. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 083 PIDOLI”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 03 (Agustus 6, 2023): 590–595. Diakses Desember 27, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/344.
Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2013. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara.

Rumanti, Dani Nur. 2015. Pengaruh Penerapan Mind Map Terhadap Hasil Belajar Kognitif Ilmu Pengetahuan Alam pada Siswa Kelas IV SD Gugus Hasanuddin Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Rusman.2011. Model Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Teras.

Sulistyorini Sri, 2007. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Unnes: Tiara Wacana

Susanto ,Ahmad, 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Suyanto. 2009. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: DIVA Press.

Trianto. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 > >>