PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS V SD MATHLA’UL KHOERIYAH

Isi Artikel Utama

Ayunda Amelia
Arifin Ahmad
Dahlia Rineva Puspitasari

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik di SD Mathla’ul Khoeriyah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media Wordwall terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V sekolah dasar. Dalam penelitian ini menggunakan desain quasi experiment dengan populasi mencakup seluruh peserta didik kelas V, yang berjumlah 58 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh di mana kelas V A dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes pretest dan posttest, serta obeservasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media Wordwall berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis Independent Sample T Test yang memperoleh hasil signifikansi 0,001 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Selanjutnya, hasil uji effect size menunjukkan nilai sebesar 1,08 yang diinterpretasikan sebagai efek sangat besar. Hasil uji Gain Ternomalisasi pada kelas eksperimen menghasilkan data sebesar 0,59 atau 59% dengan kategori sedang. Sedangkan, pada kelas kontrol menghasilkan data sebesar 0,11 atau 11% dengan kategori rendah. Selain itu, nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen adalah 85, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang memiliki nilai-rata sebesar 75,2. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media Wordwall dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V sekolah dasar. 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Amelia, Ayunda, Arifin Ahmad, dan Dahlia Rineva Puspitasari. “PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS V SD MATHLA’UL KHOERIYAH”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 9, 2025): 4739–4745. Diakses Desember 14, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3512.
Bagian
Artikel

Referensi

Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573-5581.

Amikratunnisyah, A., & Prastowo, A. (2022). Stimulasi Buku Tematik SD/MI Kelas IV Tema 3 untuk Menumbuhkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 348–360.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2021). Media Pembelajaran MI/SD. Semarang: CV Graha Edu.

Dewi, S. M., Prawiyogi, A. G., Anwar, A. S., & Wahyuni, C. S. (2021). Efektivitas Strategi Direct Reading Thingking Activities terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 453-455.

Muliawanti, S. F., Amalian, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim, T. (2022). Analisis kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860-869.

Noermanzah, N. (2019). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 306-319).

Putri, A. R., Ardianti, S. D., & Ermawati, D. (2022). Model Scramble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(3), 1192-1199.

Rosmi, F., & Adilla, F. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Siswa Kelas 3.2 SD LAB School FIP UMJ. SEMNASFIP.

Santoso, S., & Sunata, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Fishbone Diagram untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Garda Guru: Jurnal PPG Unpas, 1-8.

Setiawan, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Tema 2 Kelas V SD N 1 Nusa Bakti Kecamatan Belitang III Kabupaten Oku Timur. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(2), 108-119.

Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635-3645.

Zainal, Z., Halik, A., & Madania, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri 37 Model Parepare. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(3), 225-229.