PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN APLIKASI LITERACY CLOUD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DI SDN 042 GAMBIR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas V SDN 042 Gambir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan aplikasi literacy cloud dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, serta teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VC sebanyak 24 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebanyak 24 peserta didik sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan, diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan aplikasi literacy cloud memiliki pengaruh yang besar terhadap peningkatan keterampilan membaca pemahaman peserta didik. Hal ini ditandai dengan terdapat peningkatan pada hasil pretest dan posttest peserta didik yang terbukti dari hasil uji N-Gain yaitu sebesar 61% pada kelas eksperimen dan 46% pada kelas kontrol. Sementara itu, hasil uji effect size menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan aplikasi literacy cloud memberikan pengaruh yang positif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik dengan diperoleh nilai effect size sebesar 1,09 yang termasuk dalam kategori efek besar. Oleh karena itu, dapat diketahui bahwa keterampilan membaca pemahaman peserta didik dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan aplikasi literacy cloud.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Adawiyah. H., Gading, I. K., & Bayu, G. W. (2020). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition (circ) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(2): halaman 233-247.
Ardalina, A., Nurmalina, N., & Witarsa, R. (2024). Pengaruh Media Visual Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan Menulis Siswa Kelas IV di SDN 7 Selatpanjang Selatan. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(8): halaman 3887-3894.
Astuti, A. S., Kristiani, K., & Sudarno, S. (2023). Pengaruh Model Think Pair Share Berbantuan Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Mojolaban Pada Pembelajaran Ekonomi. Journal on Education, 5(4): halaman 11862-11875.
Ayuningrum, S., & Herzamzam, D. A. (2022). Konsep dan Implementasi Pembelajaran Membaca Pemahaman di SD kelas VI. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 5(2): halaman 232-238.
Depdiknas. (2022). Capaian Pempelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Fase A-Fase F, untuk SD/MI/Program Paket A, SMP/MTs/Program Paket B, dan SMA/MA/SMK/Program Paket C. Jakarta: Depdiknas.
Dharwisesa, M. W., Widiana, I. W., & Tegeh, I. M. (2020). Penerapan Model TTW Berbantuan Media Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2): halaman 227-237.
Fadilah, N., Ihramsari, S., & Rahmat. (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Berita Menggunakan Model Flipped Classroom melalui Google Classroom pada Siswa Kelas XI. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4): halaman 3413-3421.
Fina, F., & Susanto, R. (2023). Analisis Penerapan Media Literacy Cloud Terhadap Minat Baca Siswa. JRIT (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8(1): halaman 164-171.
Hariyani, N., Sesanti, N. R., & Mawadati, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Memahami Bacaan dengan Metode SQ3R Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 3(7): halaman 597-604.
Ilham, R., Mufarizuddin, M., & Joni, J. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Penerapan Model Kooperatif Think Pair Share Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1): halaman 139-146.
Inggriyani, F., & Aptiani, M. S. (2020). Pengaruh Strategi KWL (Know, Want, Learned) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik di Sekolah Dasar. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2): halaman 259-271.
Paranggai, R. Z., Azis., & Dalle, A. (2023) Keefektifan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman. Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, dan Linguistics, 3(2): halaman 1-11.
Purwono, P., Witarsa, R., & Wahyuni, M. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Journal on Education, 4(4): halaman: 1533-1545.
Putri, A., Rambe, R. N., Nuraini, I., Lilis, L., Lubis, P. R., & Wirdayani, R. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca di Kelas inggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2): halaman 51-62.
Rahayu, R. A., Riyadi, A. R., & Hartati, T. (2018). Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2): halaman 46-56.
Rukmini, A. (2020). Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Pembelajaran Pkn SD. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 3(3): halaman 2176-2181.
Saputri, D. A., & Sukartaningsih, W. (2024). Analisis Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III Sekolah Dasar dalam Konteks Implementasi Program Literasi Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2): halaman 29-39.
Sopandi, D., & Ristiani, I. (2024). Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Cerpen. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(2): halaman 135-143.
Sukma, H. H., & Puspita, L. A. (2023). Keterampilan Membaca dan Menulis (Teori dan Praktik). Yogyakarta: K-Media.