PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS IV SD MATHLA’UL KHOERIYAH

Isi Artikel Utama

Afina Izni Azyati
Arifin Ahmad
Dahlia Rineva Puspitasari

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model Kooperatif Tipe Think Pair Share berbantuan media Audio Visual terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen, serta menerapkan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas IV di SD Mathla’ul Khoeriyah dengan jumlah kelas IVA sebanyak 25 peserta didik sebagai kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe think pair share berbantuan media audio visual dengan kelas IVB sebanyak 25 peserta didik sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes berupa soal pretest dan posttest serta non tes berupa lembar observasi. Pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-tes, uji effect size dan uji gain ternormalisasi. Hasil analisis menunjukan bahwa penerapan model kooperatif tipe think pair share berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap aktivitas pendidik dan peserta didik. Aktivitas belajar di kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan dibanding dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest di kelas eksperimen sebesar 84,80, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata 74,80. Tahap selanjutnya uji hipotesis menggunakan independent sample t-test yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Uji effect size menunjukkan nilai sebesar 1,14 dengan kategori tinggi. Hasil uji N-Gain di kelas eksperimen menghasilkan data sebesar 0,56 atau 56% sedangkan kelas kontrol menghasilkan data sebesar 0,35 atau 35%. Dengan demikian, penerapan model kooperatif tipe think pair share berbantuan media audio visual efektif meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik. Kelas IV sekolah dasar.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Azyati, Afina Izni, Arifin Ahmad, dan Dahlia Rineva Puspitasari. “PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS IV SD MATHLA’UL KHOERIYAH”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 26, 2025): 5170–5176. Diakses Desember 26, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3513.
Bagian
Artikel

Referensi

Ali, M. (2020). Pembelajaran bahasa indonesia dan sastra (basastra) di sekolah dasar. PERNIK, 3(1), 35-44.

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336-2344.

Fahreza, F., Mardhatillah, & Anita. (2020). Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Di Kelas II SD Negeri Suak Timah Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik. 7(2): halaman 34- 44.

Istigfara, T., & Afnita, A. (2020). Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 14-18.

Meilana, S. F., Aulia, N., Zulherman, Z., & Aji, G. B. (2020). Pengaruh model pembelajaran think pair share (tps) terhadap kemampuan berpikir kritis di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 218-226.

Sani, N., Murniviyanti, L., & Pratama, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Di Sd Negeri 17 Parittiga. Jurnal Ilmiah Aquinas, 280-285.

Saputro, K.A., Sari, C.K., & Winarsi, SW. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Menggunakan Media Audio Visual di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(5): halaman 1910-1917.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama