PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTUAN MEDIA FLIPBOOK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SD

Isi Artikel Utama

Radela Ayudiva Sarki
Arifin Ahmad
Dahlia Rineva Puspitasari

Abstrak

Membaca pemahaman merupakan keterampilan dasar berbahasa yang berperan penting dalam keberhasilan akademik siswa sekolah dasar. Namun, hasil PISA tahun 2022 menunjukkan bahwa kemampuan literasi membaca siswa Indonesia masih berada di bawah rata-rata OECD. Salah satu penyebabnya adalah metode pembelajaran yang kurang menarik dan minimnya penggunaan media pembelajaran digital yang interaktif. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan strategi pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan pendekatan kooperatif dengan media digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media flipbook terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa. Pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu digunakan, melibatkan 50 siswa kelas IV SDN Sirnagalih yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Data diperoleh melalui pretest, posttest, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok dengan nilai p 0,042 (<0,05). Kelompok eksperimen yang belajar menggunakan metode CIRC berbantuan flipbook memperoleh rata-rata nilai lebih tinggi. Nilai effect size sebesar 0,556 dan gain ternormalisasi sebesar 0,59 menunjukkan peningkatan yang sedang namun bermakna. Dengan demikian, metode CIRC berbantuan flipbook terbukti efektif meningkatkan kemampuan membaca pemahaman sekaligus mendorong keterlibatan dan kerja sama siswa.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sarki, Radela Ayudiva, Arifin Ahmad, dan Dahlia Rineva Puspitasari. “PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION BERBANTUAN MEDIA FLIPBOOK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SD”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4133–4142. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/4172.
Bagian
Artikel

Referensi

DI SEKOLAH DASAR. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Aprilia, G., Djuanda, D., & Syahid, A. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Dongeng Karakter Pancasila Untuk Katerampilan Menyimak di SD. 10(4).

Aviana, R., Anitra, R., & Marhayani, D. A. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Ditinjau Dari Minat Baca Siswa Kelas V SD. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 174–183. https://doi.org/10.31539/joes.v5i2.4596

Bahri, S., & Azlin, D. M. (2024). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Di Sekolah Dasar. 3(3).

Binti Mirnawati, L., & Agatha Valent Fabriya, R. (2022). Penerapan Media Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 22–38. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.19837

Diliana, A, Saputra, H. H, & Setiawan, H. (2021). Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 1 No 2, Hal: 57-65. Retrieved from https://jurnal.educ3.org/index.php/ pedagogia/article/view/9

Fadhilah, H., Ratyasha, S., Donda, T., & Giwangsa, S. F. (2024). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa dengan Menggunakan Soal HOTS di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(4), 868–876. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i4.915

Fadilah, W. A., Carlian, Y., & Pratiwi, I. M. (2024). Optimalisasi Pembelajaran: Penerapan Strategi PORPE untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 73–84. https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i1.618

Fitria, A. (2024). Penerapan metode pembelajaran cooperative integrated reading composition (CIRC) berbasis media flipbook dalam meningkatkan membaca pemahaman Siswa. Academy of Education Journal, 15(1), 240–249. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2161

Haniyah, S., Noorhayati Sutisno, A., & Karim, A. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Perubahan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Kelas 4 SDN 1 Kebarepan. Jurnal Global Ilmiah, 1(11), 754–762. https://doi.org/10.55324/jgi.v1i11.108

Hoerudin, C. W. (2023). Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Bahasa. Jurnal Al-Amar (JAA), 4(2), 121–130.

Gunarwati, R., Hamdani Maula, L., & Nurasiah, I. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Berbasis Daring pada Siswa Sekolah Dasar. Janacitta : Journal of Primary and Children’s Education, 4(2), 18–27. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta

Gustiwati Z, R. (2019). Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Fabel di Kelas Awal Integrasi Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 151–158. http://pedagogi.ppj.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/661

Ilham Setiadi, M., Muksar, M., Suprianti, D., Malang, N., Bandungrejosari, S., & Aktivitas Hasil Belajar, F. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 5(4). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i4.2542/http

Ilyas, H. M., & Syahid, A. (2018). PENTINGNYA METODOLOGI PEMBELAJARAN BAGI GURU. 04(01).

Juliani, R., & Ibrahim, N. (2023). PENGARUH MEDIA FLIPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 19–26. https://doi.org/10.30651/else.v7i1.14065

Karim, M. F., & Fathoni, A. (2022). Pembelajaran CIRC dalam Menumbuhkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5910–5917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3164

Khoerotu Syarifah, S., Windiyani, T., & Suchyadi, Y. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN FLIPBOOK PADA KELAS V SUBTEMA 3 USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2611–2619. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.851

Kurniatun, A. (2022). Upaya Peningkatkan Hasil Belajar PKN Materi Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat Dengan Metode CIRC Pada Siswa SMKN 58. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 12(2), 323–332. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v12i2.1412

Masithoh, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Menggunakan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 4(1), 21–27. https://doi.org/10.52005/belaindika.v4i1.80

Muksin, H. M. (2021). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MENEMUKAN KALIMAT UTAMA PADA SISWA KELAS IV SDN 22 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/202. 1.

Mz, A. B., & Syafi’i, I. (2021). The Development Of Learning Media Of Islamic Education Based On Flipbook In Covid-19 Pandemic At Elementary School. Halaqa: Islamic Education Journal, 5(1), 43–62. Https://Doi.Org/10.21070/Halaqa. V5i1.1209

Nakajima, & J. G. (2019). Transformative Learning For Computer Science Teachers: Examining How Educators Learn E-Textiles In Professional Development. Teach Education, 85(2), 148–159.

Natalia, F. J. A., & Oentoe, N. N. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrete Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD UNpres Kakaskasen III. Edu Primary Journal : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1-9. http://ejurnalmapalus-unima.ac.id/index.php/eduprimary/article/view/871/406

Puspitasari, R., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Hots Berbantuan Flipbook Marker Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 3(3), 247–254. Https://Doi.Org/10.33369/Jkf.3.3. 247-254

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343

Roemintoyo, & M. K. B. (2021). Flipbook As Innovation Of Digital Learning Media: Preparing Education For Facing And Facilitating 21st Century Learning. Journal Of Education Technology, 5(1), 8–13.

Sakinah, P., Marjanah, M., & Mahyuni, S. R. (2025). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Media Flipbook. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1), 93. https://doi.org/10.25157/jpb.v13i1.18309

Sari, M. C., & Nababan, E. B. (2024). PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. 7(1).

Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2819–2826. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012

Sarika, R., Gunawan, D., & Mulyana, H. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 SUKAGALIH. 1(2).

Silahuddin, A. (n.d.). PENGENALAN KLASIFIKASI, KARAKTERISTIK, DAN FUNGSI MEDIA PEMBELAJARAN MA AL-HUDA KARANG MELATI. V o l u m e.

Somadayo, S. (2011). Strategis dan Teknik Pembelajaran Membaca. yogyakarta:

Graha Ilmu.

Supriyadi. 2020. Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Flash FlipBook Maker Pada Matakuliah Sistem Multimedia. Journal Komunkasi 11(30), 151-158.

Waruwu, M. (2024). Metode penelitian dan pengembangan (R&D): konsep, jenis, tahapan dan kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220-1230.