PENGARUH ALAT PERAGA TERHADAP PEMBELAJARAN VARIASI DAN KOMBINASI POLA GERAK DASAR LOKOMOTOR PADA SISWA KELAS IV SDN 050741 PULAU BANYAK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat peraga terhadap pembelajaran variasi dan kombinasi gerak dasar lokomotor pada siswa kelas IV di SDN 050741 Pulau Banyak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu Pre-Experimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 050741 Pulau Banyak yang berjumlah 22 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan cara Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa Tes (Pretest dan Posttest), Observasi, dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata sebelum perlakuan (pretest) yaitu 6,86 , dengan skor tertinggi 10,00 dan skor terendah 4,008. Sedangkan rata-rata sesudah perlakuan (posttest) diperoleh rata-rata yaitu 10,05 , dengan skor tertinggi 12,00 dan skor terendah 7,00. Berdasarkan hasil tersebut menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan alat peraga terhadap pemahaman konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor. Dari hasil uji hipotesis (Uji-t) diperoleh nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi α=0.05.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ali, B. & Dewi. (2022). Meningkatkan Keterampilan Gerak Lokomotor Siswa melalui Permainan Tradisional Galah Asin. Journal of Physical and Outdoor Education, 4(1), h. 16-23.
Muhammad, A. H., dkk. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar Lokomotor Menggunakan Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas II SDN Babatan 1/456 Kota Surabaya. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendikia. 1(7). https://jicnusantara.com/index.php/jiic
Mukhammad, R., Nurma, I., & Budi, M. (2022). Pengembangan Penggaris Mekanik untuk Pembelajaran Garis dan Sudut. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(3), 466-487.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Palupi Tri. (2020). Implementasi Penggunaan Alat Praga Bola Kremes Sebagai Alternatif Meningkatkan Hasil Belajar Keterampiran Materi Guling Ddepan dan Guling Belakang Senam Lantai Siswa Kelas VII E Semester Genap MTs Negeri 8 Kebumen Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Cakrawala: Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial. 4(1), http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/cka/index
Wahyuningsih et al. (2023). "Pelatihan Perancangan, Pembuatan Dan Penggunaan Media Pembelajaran Edukatif Berupa Alat Peraga Matematika Bagi Mahasiswa Program Studi PGSD". Darma diksani jurnal pengabdian ilmu pendidikan sosial dan humaniora.