PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MNEMONIC TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV YAYASAN PENDIDIKAN SD SITI AMELIA MEDAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Peneliti ini bertujuan untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Mnemonic Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD dengan jumlah sebanyak 60 siswa dengan kategori 30 siswa kelas kontrol dan 30 kelas eksperimen. Data dikumpulkan melalui instrumen keterlaksanaan pembelajaran, soal pre-tes dan poss-test.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif melalui pendekatan metode Eksperimen dengan desain Quasi Experimental (Nonequivalent Control Group Design). Berdasarkan hasil analisis terlihat adanya perbedaan yang jelas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum dan sesudah perlakuan. Pada saat pre-test, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 67,3 di bandingkan dengan kelas kontrol yang memiliki rata-rata 57,5. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa di kelas eksperimen relatif lebih rendah. Namun, setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran mnemonic, rata-rata nilai post-test kelas eksperimen meningkat signifikan menjadi 82,9 dan sedangkan kelas kontrol (tidak menggunakan model mnemonic) memperoleh nilai rata-rata 70,1. Berdasarkan hasil uji-t adalah didapati nilai sig 0,000< 0,05 yang artinya bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan menghasilkan data dengan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Mnemonic terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ali, S. (2020) Pembelajaran Daring di Tengah WabahCovid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol. 06, No. 02 Juni 2020, 06, 215-224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Arib, M. F., Rahayu, M. S., Sidorj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Experimental research dalam penelitian pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5497-5511. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8468
Dakhi, Agustin. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Indonesia 1(3): 350–61. http://dx.doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33
Purnama, Wulan, Rury Rizhardi, and Mega Prasrihamni. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Mnemonic Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 90 Palembang ”. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 5 (1):109-18. https://doi.org/10.37216/badaa.v5i1.892.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Verdianingsih, E. (2020). Strategi Mnemonic dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi 6(1), 78-85. https://doi.org/10.32764/eduscope.v6i1.879
Zaenuri, Z., & Maemonah, M. (2021). Strategi Mnemonic Sebagai Solusi Untuk Pengayaan Kosa Kata Pada Anak Tunarungu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1825–1833. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1038