PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PUISI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 106804 PERCUT
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V di SDN 106804 Percut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 106804 Percut telah berjalan dengan baik, dengan penerapan metode pembelajaran yang variatif dan interaktif sehingga mampu meningkatkan kemampuan berbahasa siswa, baik dalam aspek membaca, menulis, mendengarkan, maupun berbicara dengan nilai post-test siswa kelas eksperimen 88,56, sedangkan pada kelas kontrol 80,35. Namun, terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan sarana dan prasarana yang perlu diperbaiki untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih optimal. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru untuk terus mengembangkan strategi pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan agar hasil belajar Bahasa Indonesia semakin meningkat.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Sri Ramadhani, (2020). Model Pembelajaran Sinektik dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Pangeran Antasari Medan Tahun Pembelajaran 2020. Vol 7 No 1, 2020
Yuliani Dwi Prutanti, Dkk. (2022). Pengaruh Media Audiovisual Dalam Kemampuan Siswa Menulis Puisi,Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. Vol 08 No 01, 2022
Whimpy Lastika Putri, (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Metode Mind Mapping Dengan Media Audiovisual. Joyful Learning Journal
Arum Tri Lestari, (2017). Keefektifan Media Audio Visual Sebagai Kreativitas Guru Sekolah Dasar Dalam Menumbuhkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa.
Ijang Yudi Hermawan, (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Audio Visual. Jurnal Diksatrasia. Vol 1 No 1, 2017
Samiyatun, (2022). Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Kelas VII. Dharmas Education Journal. Vol 3 No 1. 2022
Deifan Permana, (2018). Penggunaan Media Gambar Terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 5 No 1. 2018
Guslinda, Rita Kurnia, (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. ISBN : 978-602-52855-3-0
Kuncoro Adi Saputra, (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 3 N0 5, 2021
Novika Dian Pancasari Gabriela, (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 2 No 1, 2021
Rudi Ilhami, (2021). Pendalaman Materi Standar Isi dan Standar Proses Kurikulum Pendidikan Indonesia. Education Journal: General And Specific Research. Vol 1 No 1, 2021
Fadhilah Hilmy Nasution, (2024). Hakikat Media Pembelajaran Menulis Di Kelas Tinggi. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika. Vol 2 No 4, 2024
Imas City, (2018). Analisis Puisi Sapardi Djoko Damono “Cermin 1” Dengan Pendekatan Semiotika. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 1 No 6, 2018
Putri Ayu Br Barus, (2022). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 2 No 2, 2022
Nining Silvani Suaib, (2016). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SD 72 Bontoloe Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Yuliani Dwi Purtanti, (2022). Pengaruh Media Audiovisual Dalam Kemampuan Siswa Menulis Puisi. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. Vol 08 No 01, 2022
Khulasoh, (2017). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Media Audio Visual Pokok Bahasa Melengkapi Puisi Anak Berdasarkan Gambar Model Pembelajaran Tematik. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. Vol 9 No 1, 2017