PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN POWTOON PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DAN SIFATNYA PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 106170 AJIBAHO

Isi Artikel Utama

Nur Fadilla Hayati
Lala Jelita Ananda
Nurmayani
Imelda Free Unita Manurung
Suyit Ratno

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui validitas media pembelajaran, mengetahui kepraktisan media pembelajaran dan mengetahui efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan pada materi perubahan wujud benda. Adapun jenis penelitian merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil validasi oleh ahli materi terhadap media pembelajaran berbantuan powtoon diperoleh skor dengan persentase 73% dengan kriteria “Layak”. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor dengan persentase 88,33% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil penilaian media oleh guru diperoleh skor dengan persentase 91,6% dengan kriteria “Sangat Praktis”.  Berdasarkan hasil implementasi ditemukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, dimana rata-rata hasil belajar pada pre test  yaitu 52,19 sedangkan rata-rata  pada post test yaitu 80. Pembelajaran dengan menggunakan media berbantuan powtoon di kelas VI pada materi perubahan wujud benda ini efektif digunakan. Hal ini terbukti dari rata-rata skor N-Gain persen sebesar 57,91 dengan kategori “Cukup Efektif”.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hayati, Nur Fadilla, Lala Jelita Ananda, Nurmayani, Imelda Free Unita Manurung, dan Suyit Ratno. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN POWTOON PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DAN SIFATNYA PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 106170 AJIBAHO”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4353–4375. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3745.
Bagian
Artikel

Referensi

Abd Rahman BP, dkk. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Unsur-Unsur

Pendidikan. Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.

Anjasari,dkk. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon Pada Pembelajaran

Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematuka, 5(2),

-50.

Arikunto, S. 2017. Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Praktis. Jakarta. Rineka Cipta

Kotimah, Erlina Kusnul. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Berupa

Video Animasi Berbasis Powtoon Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 2(2),

-18.

Saputri, H. A. S., & Larasati, N. J. (2023). Analisis Instrumen Asessmen:Validitas,

Reliabilitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Butir Soal. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip

Suban, 9(5), 2986-2995.

Suyit Ratno,dkk. (2024). Analisis Pembelajaran Interaktif Terhadap Kreativitas Peserta

Didik Kelas IV Pada Pembelajaran IPAS Di SD 101766 Bandar Setia. Jurnal Intelek Insan

Cendekia,1 (9), 6283-6289

Suyit Ratno,dkk. (2024). Analisis Pengaruh Berbagai Macam Model-Model Pembelajaran

Kreatif Pada Mata Pelajaran IPAS Di Yayasan Tarbiyah Islamiyah Al-Musthofawiyah. Jurnal

Intelek Insan Cendekia, 1(9), 6356-6362.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,

CV.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta,

CV.