PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN POWTOON PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DAN SIFATNYA PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 106170 AJIBAHO
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui validitas media pembelajaran, mengetahui kepraktisan media pembelajaran dan mengetahui efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan pada materi perubahan wujud benda. Adapun jenis penelitian merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil validasi oleh ahli materi terhadap media pembelajaran berbantuan powtoon diperoleh skor dengan persentase 73% dengan kriteria “Layak”. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor dengan persentase 88,33% dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil penilaian media oleh guru diperoleh skor dengan persentase 91,6% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil implementasi ditemukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik, dimana rata-rata hasil belajar pada pre test yaitu 52,19 sedangkan rata-rata pada post test yaitu 80. Pembelajaran dengan menggunakan media berbantuan powtoon di kelas VI pada materi perubahan wujud benda ini efektif digunakan. Hal ini terbukti dari rata-rata skor N-Gain persen sebesar 57,91 dengan kategori “Cukup Efektif”.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abd Rahman BP, dkk. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Unsur-Unsur
Pendidikan. Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.
Anjasari,dkk. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon Pada Pembelajaran
Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematuka, 5(2),
-50.
Arikunto, S. 2017. Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Praktis. Jakarta. Rineka Cipta
Kotimah, Erlina Kusnul. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Berupa
Video Animasi Berbasis Powtoon Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 2(2),
-18.
Saputri, H. A. S., & Larasati, N. J. (2023). Analisis Instrumen Asessmen:Validitas,
Reliabilitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Butir Soal. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip
Suban, 9(5), 2986-2995.
Suyit Ratno,dkk. (2024). Analisis Pembelajaran Interaktif Terhadap Kreativitas Peserta
Didik Kelas IV Pada Pembelajaran IPAS Di SD 101766 Bandar Setia. Jurnal Intelek Insan
Cendekia,1 (9), 6283-6289
Suyit Ratno,dkk. (2024). Analisis Pengaruh Berbagai Macam Model-Model Pembelajaran
Kreatif Pada Mata Pelajaran IPAS Di Yayasan Tarbiyah Islamiyah Al-Musthofawiyah. Jurnal
Intelek Insan Cendekia, 1(9), 6356-6362.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,
CV.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta,
CV.