PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA KELAS V SDN NO 112312 SIMPANG EMPAT KECAMATAN MARBAU

Isi Artikel Utama

Nurlaili Afsari Tanjung
Eva Betty Simanjuntak
Wildansyah Lubis
Lala Jelita Ananda
Dody Feliks Pandimun Ambarita

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk permainan Monopoli pada materi pencemaran lingkungan di kelas V SDN No. 112312 Simpang Empat Kecamatan Marbau. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), serta minimnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan.  Media pembelajaran yang dikembangkan dikemas dalam bentuk permainan Monopoli yang telah dimodifikasi untuk memuat materi pencemaran lingkungan, termasuk jenis pencemaran, penyebab, dampak, dan solusi. Media ini divalidasi oleh ahli materi, ahli media, serta guru praktisi, dan diuji coba pada 24 siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Monopoli layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai alat bantu pembelajaran. Penggunaan media ini mampu meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap materi pencemaran lingkungan, menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, serta membantu pencapaian hasil belajar yang lebih optimal.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Tanjung, Nurlaili Afsari, Eva Betty Simanjuntak, Wildansyah Lubis, Lala Jelita Ananda, dan Dody Feliks Pandimun Ambarita. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA KELAS V SDN NO 112312 SIMPANG EMPAT KECAMATAN MARBAU”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2755–2769. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3067.
Bagian
Artikel

Referensi

Billa, A., Pratama, R., & Sari, D. (2023). Pengembangan Literasi dan Numerasi dalam Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 10(1), 45–52.

Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 32.

Ifana, I., Azzahra, E., & Nurhasanah, A. (2023). Pendekatan Terpadu Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial dalam Kurikulum Merdeka. Jakarta: Penerbit Pendidikan Nusantara

Ramadhani, et all. (2022). Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Peserta Didik SMA Negeri 3 Metro. Swarnadwipa: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Humaniora, 7(1). http://dx.doi.org/10.24127/sd.v7i1.2865

Rusmiaty, et.all. (2020). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Monopoli terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negeri 03 Lebong. Universitas Sriwijaya.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama