PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA KELAS V SDN NO 112312 SIMPANG EMPAT KECAMATAN MARBAU
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk permainan Monopoli pada materi pencemaran lingkungan di kelas V SDN No. 112312 Simpang Empat Kecamatan Marbau. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), serta minimnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan. Media pembelajaran yang dikembangkan dikemas dalam bentuk permainan Monopoli yang telah dimodifikasi untuk memuat materi pencemaran lingkungan, termasuk jenis pencemaran, penyebab, dampak, dan solusi. Media ini divalidasi oleh ahli materi, ahli media, serta guru praktisi, dan diuji coba pada 24 siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Monopoli layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai alat bantu pembelajaran. Penggunaan media ini mampu meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap materi pencemaran lingkungan, menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, serta membantu pencapaian hasil belajar yang lebih optimal.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Billa, A., Pratama, R., & Sari, D. (2023). Pengembangan Literasi dan Numerasi dalam Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 10(1), 45–52.
Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 32.
Ifana, I., Azzahra, E., & Nurhasanah, A. (2023). Pendekatan Terpadu Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial dalam Kurikulum Merdeka. Jakarta: Penerbit Pendidikan Nusantara
Ramadhani, et all. (2022). Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Peserta Didik SMA Negeri 3 Metro. Swarnadwipa: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Humaniora, 7(1). http://dx.doi.org/10.24127/sd.v7i1.2865
Rusmiaty, et.all. (2020). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Monopoli terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negeri 03 Lebong. Universitas Sriwijaya.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta