PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING (SDL) BERBANTU CANVA MATERI AKU BAGIAN DARI MASYARAKAT DI KELAS 3 SDN 14

Isi Artikel Utama

Melisa Anggrayni
Wiwik Okta Susilawati
Mesi Marantipa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Modul Elektronik (E-Modul) IPAS Berbasis Model self directed Learning (SDL), guna untuk menambahkan bahan ajar yang menarik, dan meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga mencapai tujuan pembelajaran. Jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan jenis penelitian Research & Development (R & D). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Berdasarkan hasil validasi dari segi kegrafikan diperoleh nilai 79% ( valid), validasi materi 82,7% (sangat valid), pada aspek bahasa memperoleh 76,2% (valid), aspek soal 86,2% (sangat valid) dan pada validasi modul ajar 81,2% (sangat valid). Tingkat praktikalitas Pengembangan e-modul pembelajaran berbasis model self directed learning barbatuan canva materi Aku Bagian Dari Masyarakat kelas 3 SDN 14 Sititung oleh pendidik mencapai nilai rata-rata 97,7% (sangat praktis), dan tingkat kepraktisan Pengembangan e-modul pembelajaran berbasis model self directed learning barbatuan canva materi Aku Bagian Dari Masyarakat kelas 3 SDN 14 Sititung oleh peserta didik mencapai nilai rata-rata 94,2% (sangat praktis). Nilai efektifitas Pengembangan e-modul pembelajaran berbasis model self directed learning barbatuan canva materi Aku Bagian Dari Masyarakat kelas 3 SDN 14 Sititung dengan rata-rata 85,3% yang diperoleh dari hasil tes belajar oleh peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pengembangan e-modul pembelajaran berbasis model self directed learning barbatuan canva materi Aku Bagian Dari Masyarakat kelas 3 SDN 14 Sititung Kabupeten Dharmasraya pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Anggrayni, Melisa, Wiwik Okta Susilawati, dan Mesi Marantipa. “PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING (SDL) BERBANTU CANVA MATERI AKU BAGIAN DARI MASYARAKAT DI KELAS 3 SDN 14”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 26, 2025): 5147–5157. Diakses Desember 26, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/4054.
Bagian
Artikel

Referensi

Ibtidaiyah Dalam Menyambut Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 386–393. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4 583

Andreani, D., & Gunansyah, G. (2023). PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TENTANG MATA PELAJARAN IPAS PADA KURIKULUM MERDEKA

Delina Andreani Ganes Gunansyah Abstrak. Jpgsd, 11(9), 1841–1854.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.

Cheva, V. K., & Zainul, R. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri

Terbimbing Pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Untuk Sma/Ma Kelas X. EduKimia, 1(1), 28–36. https://doi.org/10.24036/ekj.v1i1.104077

Kemendikbud. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD-SMA. Merdeka Mengajar.

Lastri, Y. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139–1146. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1914

Lestariningsih, N. (2023). Pendampingan Pembuatan e-Modul Sebagai Media Belajar di MA Darul Ulum Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 284–289.

Martin, Syamsuri, Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan EModul Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi

Barisan Dan Deret Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 72–87. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i2.1927

Najuah, Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. In Yayasan Kita Menulis.

Raqzitya, F. A., & Agung, A. A. G. (2022). E-Modul Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Sumber Belajar IPA Siswa Kelas VII. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 108–116.

Sonia, Friska, Y., & Susilawati, W. O. (2023). Pengembangan E-Module Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka. Wahyu Nopriandi INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 14671–14682.

Susilawati, W. O. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Perkembangan Sosial Aud Berbasis Karakter Menggunakan Software Flipbook Maker. Inspiratif Pendidikan, 10(2), 1. https://doi.org/10.24252/ip.v10i2.23519

Susilawati, W. O., Friska, S. Y., & Yustika, S. I. (2023). Pengembangan E-Modul Pendidikan Pancasila Kelas IV dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research, 3(2), 7976–7987.

Anggrayni, M. (2023). Pengembangan Modul Ajar Mata Pelajaran IPAS Dalam Kurikulum Merdeka Pada Kelas IV Sekolah Dasar. 3, 14504–14516.

Anggrayni, M., Putri, S. R., & Fitriani, F. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ipas Pada Kurikulum Merdeka Di Kelas Iv Sdn 09 Sitiung. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 631–637. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.995

Anggrayni, M., Putri, S. R., & Fitriani, F. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ipas Pada Kurikulum Merdeka Di Kelas Iv Sdn 09 Sitiung. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 631–637. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.995

Arifianti, U., Islam, S. D., & Firdaus, A. (2020). Project Based Learning dalam Pembelajaran IPA. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3), 2079–2082.

Asmiyunda, A., Guspatni, G., & Azra, F. (2018). Pengembangan E-Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/ MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 155. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/202

Auliya Ramadhanti, Astalini, A., & Darmaji, D. (2022). Analisis Kebutuhan Mahasiswa terhadap Penggunaan E-Modul pada Perkuliahan Fisika Matematika I Materi Vektor. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(1), 13–19. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i1.528

Cheva, V. K., & Zainul, R. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Untuk Sma/Ma Kelas X. EduKimia, 1(1), 28–36. https://doi.org/10.24036/ekj.v1i1.104077

Fitri Amalia. (2020). Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam Sosial. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan.

Kemendikbud. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD-SMA. Merdeka Mengajar. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/ilmu-pengetahuan-alam-dan-sosial-ipas/

Kustini, S., Syutaridho, & Zahra, A. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Untuk Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pangkalpinang. Jurnal Of Education in Mathematics, Science, and Technology, 5(3), 56–65.

Lastri, Y. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139–1146. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1914

Lestariningsih, N. (2023). Pendampingan Pembuatan e-Modul Sebagai Media Belajar di MA Darul Ulum Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 284–289. https://doi.org/10.62017/jpmi

Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Putrini, L. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning ( Pjbl ) Terhadap Hasil Belajar Ipa. 2(2), 183–193.