PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN 14 SITIUNG

Isi Artikel Utama

Suchi
M. Anggrayni
Wiwik Okta Susilawati

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh LKS yang tersedia kurang menarik dan belum mencerminkan pembelajaran diferensiasi yang mengacu pada pengajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik seperti audio, visual dan kinestetik, hal tersebut dikarenakan bahan ajar yang digunakan masih berbentuk cetak dan hanya menyajikan materi secara garis besar saja. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan E-LKPD mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN 14 Sitiung yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: penelitian pendahuluan (Preliminary research), tahap prototipe (Prototyping phase), dan tahap penilaian (Assessment phase). Hasil validasi E-LKPD mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN 14 Sitiung divalidasi oleh lima validator, yaitu validasi ahli bahasa 96% dengan kategori valid, validasi ahli isi 100% dengan kategori valid, validasi ahli kegrafikan dan soal hasil belajar 84% dan 96% dengan kategori sangat valid, validasi oleh ahli soal dan modul ajar 80% dan 93% dengan kategori valid, validasi ahli materi 100% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis angket respon guru dan keterlaksanaan modul ajar dinilai oleh guru wali kelas IV memperoleh hasil 100% dan 100% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil uji coba one to one evaluation diperoleh rata-rata 96% dengan kategori sangat praktis, dan uji coba small group evaluation memperoleh rata-rata 87,32% dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis data efektifitas diperoleh dari hasil belajar peserta didik.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Suchi, Suchi, M. Anggrayni, dan Wiwik Okta Susilawati. “PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN 14 SITIUNG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2720–2735. Diakses Desember 6, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3241.
Bagian
Artikel

Referensi

Anggrayni, M. (2024) ‘Pengembangan E-Lkpd Berbasis Kearifan Lokal Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial’, 5(2), Pp. 444–452.

Anggrayni, M., Khairita, M. N. And Riski, F. A. (2024) ‘Tofedu : The Future Of Education Journal The Development Of E-Lkpd Based On Local Wisdom Subject Of Ipas Subject Of Chapter 5 Grade Iv Sdn 02 Sungai Rumbai’, 3(4), Pp. 832–839.

Apreasta Apreasta, W. O. S. W. (2024) ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( Lkpd ) Materi Menulis Deskripsi Berbantu Aplkasi Canva Di Sdn 09 Sitiung’, 4, Pp. 9982–9998.

M. Anggrayni, W. O. S. (2024) ‘Pengembangan Modul Elektronik ( E-Modul ) Ipas Berbasis Model Project Based Learning ( Pjbl ) Pada Kelas Iv Di Sdn 06 Sitiung Kabupaten Dharmasraya Kharisna Email : Melisaanggrayni81@Gmail.Com Pgsd , Fkip , Universitas Dharmas Indonesia , Sumatera Barat ’, 5(2), Pp. 881–889.

M. Anggrayni1, Agus Saputra2, D. (2024) ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Menggunakan Model Problem Based Learning Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas Ii Di Sdn 02 Timpeh’, Sports Culture, 15(1), Pp. 72–86. Doi: 10.25130/Sc.24.1.6.

M.Anggrayni, Riyadi Saputra, Y. (2023) ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Mata Pelajaran Ipas Di Kelas Iv Sd Berbasis Kebutuhan Peserta Didik’, Detikproperti, 09, Pp. 119–121.

Safitri, A., Rusmiati, M. N., & Fauziyyah, H. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 6, 9333–9339.

Sugiyono (2020) Pengembangan Lkpd Ipa Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa Smp Kelas Vii.

Susilawati, Wiwik O. (2022) ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis’, Jurnal Edukasi Biologi, 8(1), Pp. 46–56. Available At: Http://Journal.Universitaspahlawan.Ac.Id/Index.Php/Jpdk/Article/View/10573%0ahttp://Journal.Universitaspahlawan.Ac.Id/Index.Php/Jpdk/Article/Download/10573/8072.

Wiwik Okta Susilawati1, Eka Filahanasari2, Sonia Yulia Friska3, N. S. N. (2024) ‘Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-Lkpd) Menggunakan Liveworksheet Berbantu Canva Pada Mata Pelajaran Ipas Di Kelas V Sdn 10 Sitiungpengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-Lkpd) Menggunakan Liveworksheet Berbantu Canva Pad’, 09.