PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-PUZZLE BERBANTU BOOK WIDGETS MATERI MEMBIASAKAN PERILAKU PANCASILA DI SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Wiwik Okta Susilawati
M. Anggrayni
Fika Aminah Tuzuhriyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-puzzle berbantu book widgets pada mata pelajaran Pendiikan Pancasila kelas V SD Negeri 25 Pulau Punjung. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang meliputi 4 tahap yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap development ( pengembangan) dan tahap disseminate (penyebaran). Tahap define yaitu melakukan analisis kebutuhan, analisis karakteristik siswa, analisis kurikulum. Kemudian tahap design yaitu merancang media pembelajaran E-puzzle , modul ajar dan isntrumen validitas, praktikalitas dan efektifitas. Pada tahap development yaitu melakukan uji validitas ahli materi, ahli modul ajar, ahli bahasa, ahli kegrafikan dan ahli soal dan tahap terakhir yaitu tahap disseminate yang dilakukan di kelas V SD Negeri 10 Pulau Punjung. Hasil validasi dapat diketahui bahwa validasi kegrafikan mendapatkan skor rata-rata 87,12% dengan kategori sangat valid, validasi bahasa mendapatkan skor rata-rata 79,17% dengan kategori valid, validasi materi menapatkan nilai skor rata-rata 82,50% dengan kategori sangat valid, validasi modul ajar mendapatkan total skor rata-rata 85,83% dengan kategori sangat valid dan validasi soal mendapatkan nilai rata-rata 75,93% dengan kategori valid. Kemudian uji praktikalitas yang dinilai oleh guru dan siswa mendapat skor rata-rata 92,38% kategori sangat praktis dan hasil uji efektifitas berupa soal pilihan ganda memperoleh skor rata-rata 85,71% dengan kategori sangat efektif.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Susilawati, Wiwik Okta, M. Anggrayni, dan Fika Aminah Tuzuhriyah. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-PUZZLE BERBANTU BOOK WIDGETS MATERI MEMBIASAKAN PERILAKU PANCASILA DI SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (September 30, 2025): 3403–3410. Diakses Desember 6, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3574.
Bagian
Artikel

Referensi

Anggrayni, M., Ningsih, Y., & hefi sofia, E. (2021). Pengembangan Elektronik Lembar kerja Peserta Didik (E-LKPD) Matematika Berbasis Problem Based Learning. 10, 417–430.

Anggrayni, M., Wiwik, O. susilawati., & Titi, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Vidio Animasi Berbasis TPACK Pada Mata Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN O1 SITIUNG. Detikproperti, 13(1), 119–121.

Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono, D. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 72. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i1.8204

Dewi, L. P., & Wongsonegoro, J. (2016). Pembuatan Widget Status Koleksi Perpustakaan Universitas Kristen Petra Surabaya. Teknomatika, 8(2), 61–67.

Filahanasari, E., nopa sari, L., & Anggrayni, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Kosa Kata di Kelas III SDN 308 RANTAU SULI. 09.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Murbarani, A. (2014). Pengembangan Media Puzzle Elektronik Tentang Rangka Tubuh Belajar Siswa Kelas Iv Di Sdn Jombatan V Jombang. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 5(3), 1–9.

Riani Johan, J., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan Model Four-D dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 01(06), 372–378.

Susilawati, wiwik okta, Darniyanti, Y., & Cahyani, putri syntiya dwi. (2021). Pengembangan Elektronik Lembar kerja Peserta Didik (E-LKPD) Matematika Berbasis Problem Based Learning. 10.

Susilawati, W. O. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4922–4938. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2909

Susilawati, W. O., Anggrayni, M., & Kustina. (2023). Pengembangan Modul P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Fase B Tema Kewirausahaan Di Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9799–9812.

Susilawati, W. O., Anggrayni, M., & Nurcahyo, R. (2023). Pengembangan Video Animasi Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas Iv Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3327–3338. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1190

Susilawati, W. O., Friska, S. Y., & Yustika, S. I. (2023). Pengembangan E-Modul Pendidikan Pancasila Kelas IV dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research, 3(2), 7976–7987.

Susilawati, W. O., Khairita, M. N., & Melisa, P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Elemen Pancasila Dasar Negaraku pada Peserta Didik Kelas II SDN 18 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. 4, 1308–1320.

Thiagarajan, S., Semmel. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2