PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI STATISTIKA MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI SD NEGERI 200405 HUTAIMBARU KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN HUTAIMBARU
Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Sona Halomoan. 2021, Peningkatan Hasil Belajar Materi Statistika Menggunakan Model Student Team Achievement Division (STAD) Di Kelas IV SD Negeri 200405 Hutaimbaru Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi statistika menggunakan model Model Student Team Achievement Division (STAD) di kelas IV SD Negeri 200405 Hutaimbaru Kecamatan Padangsidipuan Hutaimbaru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Objek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 200405 Hutaimbaru Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru. Subjeknya adalah sebanyak 26 orang. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah lembar Observasi, Tes, dan Dokumentasi. Kemudian data hasil penelitian diolah dengan tekhnik analisis tes hasil belajar, analisis aktivitas guru, dan analisis aktivitas siswa. Hasil belajar siswa pada materi statistika meningkat menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD) di kelas IV SD Negeri 200405 Hutaimbaru Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru Tahun Pelajaran 2021/2022 yang ditandai dengan ketuntasan siswa setiap siklusnya yaitu pada siklus I memperoleh persentase 58% dengan rata-rata 76 dan pada siklus II meningkat menjadi 83% dengan rata-rata 84. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa materi statistika menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD) di kelas IV SD Negeri 200405 Hutaimbaru Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.