PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA DI SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini diangkat dari permasalahan rendahnya hasil belajar siswa, bertolak dari masalah ini penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model problem based learning yang dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada pokok bahasan Aku dan Kebutuhanku siswa kelas IV SD Katolik Santa Maria Rurukan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Oleh Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap, yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Katolik Santa Maria Rurukan dengan jumlah siswa 6 orang, yaitu 5 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi yaitu dengan mengamati secara langsung pelaksanaan tindakan pembelajaran dan tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar IPAS pokok bahasan Aku dan Kebutuhanku siswa dari dua siklus.. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I mencapai 76% sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 88% siswa sudah memahami dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Katolik Santa Maria Rurukan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Afni, N. 2020. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Workshop Inovasi Pembelajaran di Sekolah Dasar
Agusti, N. M., & Aslam, A. 2022. Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu
Anggita, A. D., Ervina Eka Subekti, Muhammad Prayito, & Catur Prasetiawati. 2023. Analisis Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Ipas Di Kelas 4 Sd N Panggung Lor.
Dhuha, M. F. 2023. Penerapan Model Problem Based Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas IV MI Islamiyah Sumberrejo Batanghari Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Islam Negeri Maulana Malik
Kaawoah. N., Pangkey. R., Sumilat. M, 2024. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri II Tomohon. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.
Maulana. C., Tuerah. R., Najoan. R. 2023. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di SD.
Tombokan. S. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPS di SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Wiratama, P. G., Arief, A., & Rejeki, H. 2023. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru