PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PERMAINAN HITUNG BENDA REALIA DI KELAS II SD NEGERI 100750 SIPAHO KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA

Isi Artikel Utama

Aminah Dahri
Nurbaiti Nurbaiti
Nurzanna Nurzanna

Abstrak

Permainan yang dapat digunakan dalam meningkatkan perkembangan sosial anak salah satunya  adalah permainan gajah dan semut. Berdasarkan hasil observasi peneliti terlihat bahwa kemampuan bersosial  anak  dalam bermain masih rendah. Hal ini nampak dari cara anak berinteraksi dengan teman-teman sebaya, anak sering tidak mau bermain dan bergaul walau dipandu oleh guru. Di samping itu, juga terlihat bahwa anak tidak mampu mengenal teman-teman disekitarnya. Anak hanya bisa berdiam diri terkadang masih dalam dampingan orang tua. Oleh sebab itu penulis akan  melakukan penelitian tindakan untuk mampu mengatasi permasalahan guru dan anak. Dampak dari permasalahan di atas adalah hasil belajar siswa rendah. Jenis Penelitian yang digunakan dalam  penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.penelitian tindakan kelas terdiri atas komponen yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini telah berhasil dalam penelitiannya karena ketuntasan anak dari setiap indikator penilaian telah tercapai melebihi 75%.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dahri, Aminah, Nurbaiti Nurbaiti, dan Nurzanna Nurzanna. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PERMAINAN HITUNG BENDA REALIA DI KELAS II SD NEGERI 100750 SIPAHO KABUPATEN PADANG LAWAS UTARA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 3 (Agustus 10, 2021): 1–4. Diakses Mei 23, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/45.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 > >>