UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TEMA 7 SUBTEMA 2 PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 100514 PURBATUA KECAMATAN AEK BILAH KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Isi Artikel Utama

M Amin Ritonga
Sartika Rati Asmara Nasution

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe snowball throwing subtema peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan bagi siswa kelas V SD Negeri 100514 Purbatua kecamatan Aek Bilah kabupaten Tapanuli Selatan. Subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 100514 Purbatua kecamatan Aek Bilah kabupaten Tapanuli Selatan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui lembar soal tes dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Berdasarkan hasil pengamatan observer aktivitas belajar siswa dan guru meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I 69% aktivitas siswa dan 71,4% aktivitas guru. Pada siklus II meningkat 83,6% aktivitas siswa dan 85,7% aktivitas guru. Hasil belajar siswa diukur melalui tes yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Siklus I mencapai 60% atau 9  orang siswa sudah mencapai KKM, 40% atau 6 siswa yang belum mencapai KKM. Siklus II meningkat menjadi 80% atau 12 orang siswa sudah mencapai KKM 20% atau 3 orang siswa belum mencapai KKM. Peningkatan hasil belajar mencapai 20%. Hal tersebut dapat membuktikan bahwa dengan menggunakan model snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan bagi siswa kelas V SD Negeri 100514 Purbatua kecamatan Aek Bilah kabupaten Tapanuli Selatan.


 


Kata-kata kunci: Hasil Belajar, Siswa, Model, Snowball Throwing.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ritonga, M Amin, dan Sartika Rati Asmara Nasution. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TEMA 7 SUBTEMA 2 PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 100514 PURBATUA KECAMATAN AEK BILAH KABUPATEN TAPANULI SELATAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 2 (Mei 20, 2023): 420–427. Diakses Maret 4, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/571.
Bagian
Artikel

Referensi

Maryanto, Dkk. (2017). Peristiwa Dalam Kehidupan. Jl. Merapi Raya No. 17, Mojosongo Rt.06 Rw. 09 Surakarta 57135.

Pane Afrida. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal kajian ilmu-ilmu keislaman. Vol. 03 No 2 Desember 2017.

Santoso Hermawan Budi Dan Subagyo. 2017. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dengan Metode Problem Basic Learning (Plb) Pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas Xi Di Smk Insan Cendekia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Taman Vokasi Vol. 5, No. 1, Juni 2017.

Shoimin Aris. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. ISBN.978-602-313-071-7. Jl. Anggrek No. 126 Sambilegi, Maguwoharja, Depok, Sleman, Yogyakarta 55282.

Sudana I Made. 2019. Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Propesi Guru. Vol. 2, No. 1.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Pt Remaja Rosdakarya.

Sumarni. 2019. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sd Negeri 012 Buluh Rampai Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Mitra Pendidikan (Jmp Online). Vol. 3, No. 2, Februari 2019 E-Issn 2550-0481 P-Issn 2614-7254.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>