PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA SUHU DAN KALOR DI KELAS V SD NEGERI 200205 AEK TAMPANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi atas rendahmya motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 200205 Aek Tampang. Rendahnya motivasi belajar siswa dilihat dari cara siswa menjawab soal yang diberikan oleh guru, dimana siswa belum bisa menjawab soal tersebut sesuai dengan indikator motivasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menyarankan upaya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen dengan sampel 24 orang dengan menggunakan teknik pengambilan data random sampling dari 41 siswa. Observasi dan tes digunakan untuk mengumpulkan data. Berdasarkan analisis dapat ditemukan a. Rata-rata menggunakan model kooperatif tipe jigsaw adalah 1,78 dengan kategori (cukup) dan b. Rata-rata sebelum menggunakan model adalah 61,29 dengan kategori (cukup) dan c. Rata-rata sesudah menggunakan model kooperatif tipe jigsaw adalah 77,13 dengan kategori (baik). Berdasarkan hasil perhitungan statistic dengan menggunakan paired sample t test (SPSS 22), hasilnya menunjukkan nilai signifikan 0,05 (0,000 <0,05). Hal ini bererti terdapat pengaruh signifikan antara penerapan model kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar siswa pada subtema suhu dan kalor di SD Negeri 200205 Aek Tampang.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.