PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 100106 SIBANGKUA

Isi Artikel Utama

Rizky Maritho
Kasmudin Harahap
Sartika Rati Asmara Nasution

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik subtema kekayaan sumber energi di Indonesia dengan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas IV SD Negeri 100106 Sibangkua. Penelitian ini akan dilaksanakan di SD Negeri 100106 Sibangkua. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar pada materi kekayaan sumber energi di Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah PTK. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian siklus I diketahui hasil observasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL sebesar 63.75 yaitu berada pada kategori kurang. Kemudian pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 76.25 yakni berada pada kategori baik. Hasil pembelajaran siklus I diketahui jumlah peserta didik  tidak tuntas yaitu sebanyak 9 peserta didik  atau sekitar 44%. Kemudian pembelajaran siklus II jumlah peserta didik  tidak tuntas sebanyak 2 peserta didik  atau 10%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari  siklus I ke siklus II.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maritho, Rizky, Kasmudin Harahap, dan Sartika Rati Asmara Nasution. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SUBTEMA KEKAYAAN SUMBER ENERGI DI INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 100106 SIBANGKUA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 04 (November 10, 2021): 21–26. Diakses Mei 11, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/166.
Bagian
Artikel

Referensi

Bukhori, Heri Retnawati. 2017. Perangkat Pembelajaran Matematika Problem Based Learning. Yogyakarta: Parama Publishing.

Djajadi. 2019. Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta: CV. Arti Bumi Intaran.

Margono. S. 2009. Metedologi penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Okta, Jayanti, Chika. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal. Volume 1. Nomor 2

Rangkuti Ahmad, Nizar. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: IKAPI.

Widayati, Ani. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VI No. 1.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>