RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUTOPLAY 8
Kata Kunci:
media pembelajaran autoplay design, minat bakatAbstrak
Pendidikan 4.0 merupakan pendidikan yang bercirikan pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran
atau dikenal dengan sistem siber (cyber system). Kurikulum 13 menuntut guru dan siswa untuk dapat
menggunakan informasi dan komunikasi ,oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kwalitas
pembelajaran siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis IT yaitu media Autoplay 8 di SMK
Armina Madina. Media Studio merupakan perangkat lunak untuk membuat perangkat lunak multimedia dengan
mengintegrasikan berbagai tipe media misalnya gambar, suara, video, teks dan flash ke dalam presentasi yang
dibuat. Dengan adanya media ini siswa akan lebih aktif dan lebih kreativ dalam menerima pembelajaran selama
proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini berupa quasi eksperimen,yang mempunyai populasi hingga 150
orang bahkan lebih, sedangkan sampel yang saya ambil berjumlah 40 orang.
Referensi
Asnawir & Usman, B. (2002). Media Pembelajaran. Ciputat Press. Jakarta. Arsyad, A. (2010). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Ermawita, E., & Zainy, A. (2019). Desain MEDIA Pembelajaran Materi Perangkat Keras Komputer Menggunakan Adobe Flash Cs5. Jurnal Education and Development, 7(2), 561637.
Fauzi, R. (2016). Implementasi Jaringan Saraf Tiruan Dengan Metode Backpropagation Terhadap Bibit Tanaman Karet. Jurnal Education and Development STKIP Tapanuli Selatan, 1-11.
Fauzi, R. (2017). Identifikasi Jenis Tanaman Tin Sesuai Dengan Bentuk Daun Menggunakan Jaringan Saraf Tiruan (Jst) Dengan Metode Backpropafation. Jurnal Education and Development, 6(3), 73-73.
Fauzi, R. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Profile Matching untuk Menentukan Kualitas Hasil Produk (Studi Kasus di Unit Produksi Smk Negeri 1 Ampek Angkek). Jurnal Education and Development, 6(3), 115-115.
Fauzi, R. (2020). PENERAPAN METODE PROFILE MATCHING PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN DOSEN TERBAIK (STUDI KASUS: INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN). JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 8(4), 17-17.
Harun dan Zaidatun. (2004). Teknologi Multimedia dalam Pendidikan. http://www.ctl.utm.my/publications/manuals/m m/elemenMM.pdf. Diakses tanggal 14 Agustus 2014
Ibrahim, M. (2000). Pembelajaran kooperatif. Erlangga. Jakarta Media Pembelajaran Materi Unsur, Senyawa, dan Campuran Berbasis STAD. http://jurnalpi. files.wordpress.com. Diakses tanggal 27 Agustus 2014
Lubis, J. R., Fauzi, R., Fauzan, M., & Sari, L. P. (2019). Rumus matematika sekolah dasar berbasis android menggunakan ADT (Android Developer Tools). Jurnal Education and Development, 7(1), 103-103.
Lubis, N. F. (2020). Validitas pengintegrasian pendekatan saintifik dengan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran kimia kurikulum 2013 untuk meningkatkan kompetensi soft skills dan hard skills siswa ditinjau dari kelayakan isi. Jurnal Education and Development, 8(2), 328-328.
Nasution, H. N. (2022). PERANCANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8.5 PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS IX SMP NEGERI 5 MUARA BATANG GADIS. Jurnal Education and Development, 10(1), 438-444.
Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8-8.
Nasution, H. N., Fauzi, R., & Hidayat, T. (2022). Sistem Pengenalan Biji Kopi Arabika, Robusta, Liberika, Dan Eksalsa Mengunakan Metode S Yuleq. Jurnal Education And Development, 10(1), 415-418.
Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 6(3), 69-69.
Nasution, S. W. R., & Nasution, H. N. (2020). Perancangan dan Implementasi Bahan Ajar Berbasis Penelitian Microsoft Office 2013 pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal Education and Development, 8(4), 415-415.
Nasution, S. W. R., Nasution, H. N., Fauzi, R., & Harahap, M. S. (2020). Pengaruh Promosi Perguruan Tinggi terhadap Peningkatan Peluang Kerja pada Warga Desa Sampean. Jurnal Education and Development, 8(2), 16-16.
R. ,S.Pd., M.Kom. and J. Lubis, “PENGARUH PENGGUNAAN CISCO PACKET TRACER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DI SMK SWASTA MITRA MANDIRI PANYABUNGAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 3, no. 2, pp. 61-64, Apr. 2018
Sari, L. P., Hatchi, I., Pd, E. S., Kom, M., & Kahanna, M. (2020). Modul Ajar Fisika Dasar Berbasis Model Project Based Learning (Pjbl) Yang Efektif Bagi Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Education And Development, 8(1), 272-272.
Siregar, L. H. (2018). Efektifitas Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (air) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Education and Development, 3(2), 94-94.
Siregar, L. H. (2019). Penerapan metode pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar mahasiswa di institut pendidikan Tapanuli Selatan Padangsidimpuan. Jurnal Education and development, 7(1), 91-91.
Siregar, L. H., Rambe, Y. M., & Lubis, U. K. (2020). Ensiklopedia budaya TAPPATAMA (tapanuli selatan, padang lawas, tapanuli utara dan mandaling) berbasis android untuk menumbuh kembangkan cinta budaya bangsa siswa sekolah dasar. Jurnal Education and Development, 8(3), 944-944.
Taniredja,Tukiran. Prof. Dr. (2011). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Jakarta: Alfabeta
Zainy, A. (2020). Identifikasi Calon Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi Menggunakan Metode Backpropagation. Jurnal Education and Development, 8(1), 57-57.
Zainy, A., Nasution, H. N., & ahdi Lubis, I. S. (2020). MEDIA Pembelajaran Berbasis Komputer pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Dasar di Padang Sidempuan. Jurnal Education and Development, 8(4), 527-527.