PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMA N 1 NATAL KECAMATAN NATAL KABUPATEN MANDAILING NATAL

Penulis

  • Dewi Shara Universitas islam negeri syekh ali hasan ahmad addary padangsidimpuan

Kata Kunci:

metode inkuiri, berpikir kritis, aktif, jenis penelitian

Abstrak

Kurangnya pemahaman siswa pada materi Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah merupakan salah satu masalah serius yang dihadapi guru. Selain itu, siswa juga tidak antusias dalam merespon materi yang disampaikan gurunya.Perilaku yang seperti itu disebabkan karena materi PAI dianggap tidak semenarik materi lain, selain itu strategi pembelajaran yang terlalu sering digunakan menjadikan siswa kurang aktif serta belum dapat mengembangkan ketrampilannya dalam berpikir kritis. Pembelajaran Untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal, maka guru diharapkan dapat menerapkan suatu strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan pola pikir siswa. Strategi  pembelajaran yang dimaksud salah satunya adalah strategi pembelajaran inkuiri. Implentasi strategi inkuiri pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan daya berpikir kritis dan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan sumber primer guru yang mengampu mata pelajaran PAI (Fiqih, al-Qur’an Hadist, Aqidah Akhlak, Sejarah kebudayaan Islam) dan peserta didik MTs Al-Amin Pekalongan. Mengikuti prosedur reduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Adapun hasil dari penilitian ini mengemukakan bahwa pembelajaran inkuiri adalah pembelajaran dengan berusaha semaksimal mungkin melibatkan potensi fisik dan intelegensi siswa untuk berpikir mencari dan menyelidiki suatu masalah yang dikemukakan guru secara sistematis dan logis, akan berdampak pada siswa sehingga siswa dapat memberikan jawaban yang didasarkan pada pengetahuan, sikap dan keterampilan

Referensi

Anwar, Shabri Shaleh. Pelopor al-Qur’an Kota Seribu Parit Indragiri Hilir: KH. Bustani Qadri. surabaya: Qudwah Press. 2019.

Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. 2011.

Dimyati, dan Mudjino. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2009.

Hamdani, Risqyanto Hasan, dan Syaiful Islam. “Inovasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Pembelajaran.” PALAPA : Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan Vol. 7. No. 1 (Mei 2019).

Hamzah. STRATEGI PEMBELAJARAN Guru Edukatif. Sumatera Barat: Cv. Azka Pustak. 2022.

Haryati, Titik, dan Noor Rochman. “Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan Melalui Praktik Belajar Kewarganegaraan (Project Citizen).” Jurnal Ilmiah CIVIS Vol. 2. No. 2 (Juli 2012): 2.

Herlina, Elin, Ni Putu Gatriyani, Nur Saqinah Galugu, Vini Rizqi, Nanny Mayasari, Feriyanto, Junaidi, dkk. Strategi Pembelajaran. Makassar: TOHAR MEDIA. 2022.

Mardalis. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara. 2003.

Nizar, Samsul. Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama. 2001.

Parnawi, Afi, dan Raja Alfisyahrin. “Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Intelektual Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Berajah Journal: Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Diri Vol. 3, No. 1 (2023).

Rangkuti, Ahmad Nizar. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan, Edisi Revisi. Bandung: Cita Pustaka. 2016.

Rukin. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Surabaya: Jakad Media Publishing. 2019.

Salim, dan Syahrum. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka. 2007.

Triwiyanto, Teguh. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.2021.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-09-07

Cara Mengutip

Shara, D. (2023). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMA N 1 NATAL KECAMATAN NATAL KABUPATEN MANDAILING NATAL. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 62–66. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1576

Terbitan

Bagian

Informatika