KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI SMP NEGERI 10 PADANGSIDIMPUAN KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN BATUNADUA

Penulis

  • Dewi Shara Universitas islam negeri syekh ali hasan ahmad addary padangsidimpuan

Kata Kunci:

kepemimpinan, guru pai, ahlak siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kepemimpinan guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan, usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMP 10 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian kualitatif adalah suatu proses penelitian untuk memahami fenomena-fenomena manusia atau sosial dengan menciptakan gambaran yang menyeluruh dan kompleks yang dapat disajikan dengan kata-kata, melaporkan pandangan terinci yang diperoleh dari sumber informan, yang diperoleh secara riil (alamiah) dengan maksud menginvestigasi dan memahami fenomena, apa yang terjadi, mengapa terjadi, dan bagaimana terjadinya suatu fenomena (Fadli, 2011). Penelitian deskriptif merupakan suatu metode penelitian yang menggambarkan suatu kejadian atau fenomena yang sedang diteliti. Sehingga fokus utama metode penelitian ini adalah menjelaskan objek penelitiannya. Sehingga menjawab peristiwa apa atau apa fenomena yang terjadi dengan tidak memanipulasi atau pengubahan data yang diteliti, akan tetapi menggambarkan suatu kondisi apa adanya ataupun secara nyata (Nanny dan dkk, 2023).

Referensi

Abdussamad, Zuchri. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press, 2021.

Ahyat, Nur. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam Vol. 4, No. 1 (7 Oktober 2017): https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.5.

Al Syaifullah, Shalahuddin, dan dkk. “Kepemimpinan Pendidikan Islam.” Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia Vol. 1, No. 7 (25 Juli 2021): https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i7.126.

Arbangi, dan dkk. Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Bingkai Profesionalisme: Kajian Analitis Perspektif Interaksionisme Simbolik. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi, 2020.

Fatmawati. “Implementasi Kompetensi Kepemimpinan Guru PAI dalam Mengaktualisasikan Akhlak Mulia Peserta Didik.” Didaktika Vol. 9, No. 1 (Februari 2020). https://jurnaldidaktika.org/.

Gade, Syabuddin, dan Sulaiman. Pengembangan Interaksi Edukasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam : Teori & Praktik. Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2019.

Gafur, Abdul. Kepemimpinan Kepala Sekolah : Strategi Meningkatkan Etos Kerja Guru Pendidikan Agama Islam. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2020.

Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara, 2022.

Heriyansyah. “Guru adalah Manajer Sesungguhnya di Sekolah.” Islamic Management; Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 1, No. 1 (Januari 2018).

Iman Firmansyah, Mokh. “Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar, dan Fungsi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim Vol. 17, No. 2 (2019).

Latifah, Siti, dan dkk. Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Mansyur, Abd Rahim. “Wawasan Kepemimpinan Guru (Teacher Leadership) dan Konsep Guru Penggerak.” Education and Learning Journal Vol. 2, No. 2 (26 Juli 2022): 101–9. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.131.

Nanny, dan dkk. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Aplikasinya. Sumatera Barat: Global Eksekutif Teknologi, 2023.

Rahayu, Reka, dan Ratnawati Susanto. “Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas IV.” Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Vol. 4, No. 2 (Oktober 201M).

Rijal Fadli, Muhammad. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum Vol. 21, No. 1 (2021).

Sidiq, Umar, dan Khoirussalim. Kepemmpinan Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya, 2021.

Sidiq, Umar, dan Moh. Miftachul Choiri. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya, 2019.

Subandi. “Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan.” Harmonia Vol. 11, No. 2 (Desember 2011).

Suhardi, dan dkk. Manajemen Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer. Jakarta: Publica Indonesia Utama, 2022.

Syafrizaldi. Kepemimpinan. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Sya’roni, Mohd. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa di SMP.” Al-Miskawih: Journal Of Science Edcation Vol. 1, No. 1 (Juli 2022).

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-09-07

Cara Mengutip

Shara, D. (2023). KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI SMP NEGERI 10 PADANGSIDIMPUAN KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN BATUNADUA. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 67–72. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1577

Terbitan

Bagian

Informatika