PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP SIKAP BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS DI SMK SWASTA PANCA DHARMA

Penulis

  • Arpiana Rambe institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Nabilah Siregar institut pendidikan tapanuli selatan
  • Sri Rahmi tanjung institut pendidikan tapanuli selatan
  • Rizky Amelia Dona Siregar institut pendidikan tapanuli selatan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode resitasi terhadap sikap belajar siswa kelas X TKJ di SMK Swasta Panca Dharma Padangsidimpuan. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMK Swasta Panca Dharma. Metode yang akan dipergunakan dalam penelitian ini, yaitu metode eksperimen DENGAN DESAIN One Shot Case Study. Populasi peneliti ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ di SMK Swasta Panca Dharma Padangsidimpuan yang berjumlah satu kelas dengan jumlah 20 siswa. Sampel penelitian yakni berjumlah 20 siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi dan angket. Teknik analisis data digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis Diketahui thitung > ttabel yaitu 5.207 > 1.734. Selanjutnya nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 sedangkan nilai probabilitas diketahui sebesar 0.05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Berdasarkan hasil konsultasi nilai tersebut, maka hipotesis alternatif diterima atau disetujui kebenarannya yaitu “ terdapat pengaruh metode resitasi terhadap sikap belajar siswa kelas X TKJ pada mata pelajaran dasar desain grafis di SMK Swasta Panca Dharma Padangsidimpuan”.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiningsih, Asri. 2018. Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Erniwati. 2019. Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas VIII MTs Nunggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “Lensa” Vol. 1 No. 2,

Nasution, H. N. (2022). PERANCANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8.5 PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS IX SMP NEGERI 5 MUARA BATANG GADIS. Jurnal Education and Development, 10(1), 438-444.

Nasution, H. N., & Nasution, S. W. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android matakuliah aplikasi komputer guna meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8-8.

Nasution, H. N., Fauzi, R., & Hidayat, T. (2022). Sistem Pengenalan Biji Kopi Arabika, Robusta, Liberika, Dan Eksalsa Mengunakan Metode S Yuleq. Jurnal Education And Development, 10(1), 415-418.

Nasution, H. N., Rambe, E., & Hidayat, T. (2017). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Elektronik Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 6(3), 69-69.

Nasution, S. W. R., & Nasution, H. N. (2020). Perancangan dan Implementasi Bahan Ajar Berbasis Penelitian Microsoft Office 2013 pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal Education and Development, 8(4), 415-415.

Nasution, S. W. R., Nasution, H. N., Fauzi, R., & Harahap, M. S. (2020). Pengaruh Promosi Perguruan Tinggi terhadap Peningkatan Peluang Kerja pada Warga Desa Sampean. Jurnal Education and Development, 8(2), 16-16.

Nasution, S. W. R., Siregar, L. H., & Situmorang, R. S. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(1), 269-274.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-08-21

Cara Mengutip

Arpiana Rambe, Nabilah Siregar, Sri Rahmi tanjung, & Rizky Amelia Dona Siregar. (2024). PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP SIKAP BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS DI SMK SWASTA PANCA DHARMA. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(2), 83–88. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/2144

Terbitan

Bagian

Informatika