PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI INSHOT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Penulis

  • Elki Yani Gultom Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rahmad Fauzi IPTS
  • Nabilah Siregar IPTS

Kata Kunci:

minat belajar, inshoot, media pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi inshot untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di kelas X TKJ SMK Negeri 1 Batang Angkola. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Batang Angkola. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas kelas X TKJ SMK Ngeri 1 Batang Angkola yang berjumlah tiga kelas dengan jumlah populasi sebanyak 110 siswa. Sampel dalam penelitian ini jumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Melalui uji hipotesis yang dilakukan diketahui nilai thitung sebesar 4,832. sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu sebesar 1.696 dengan demikian dapat dibandingkan bahwa nilai thitung > ttabel yakni 4,832 > 1.696. Kemudian nilai signifikan yang di dapat sebesar 0.000 maka di ketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) < 0.05 artinya “Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi inshot untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di kelas X TKJ SMK Negeri 1 Batang Angkola.

Referensi

Djollong, Andi Fitriani. Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif (Technique Of Quantitative Research). ISTIQRA’. Volume II Nomor 1 Tahun 2014.

Komari, Noor Pratiwi. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga Volume 1, Nomor 2 Tahun 2015.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Banung: Alfabeta.

Syukhria, Rima dan Nurhamidah, Didah. Aplikasi Inshot sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Volume 21, Nomor 1, Tahun 2021.

Wongkar. Analisa Implementasi Jaringan Internet Dengan Menggabungkan Jaringan LAN dan WLAN di Desa Kawangkoan Bawah Wilayah Amurang II. E-journal Teknik Elektro dan Komputer Vol. 4 No.6 Tahun 2016.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-02-26

Cara Mengutip

Elki Yani Gultom, Rahmad Fauzi, & Nabilah Siregar. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI INSHOT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 27–34. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1477

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama