ANALISIS PERILAKU BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SIHAPAS BARUMUN

Penulis

  • Naga ipts
  • Febriani Hastini Nasution institut pendidikan tapanuli selatan
  • Ahmad Zainy institut pendidikan tapanuli selatan

Kata Kunci:

Perilaku belajar, Proses Pembelajaran TIK, Perilaku Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sihapas Barumun. Perilaku belajar merupakan sikap dan tingkah laku siswa dalam pembelajaran. Perilaku siswa tentu tidak bisa dipisahkan dari kebiasaan di sekolah maupun di luar sekolah sehingga memberikan karakteristik tertentu terhadap perilaku belajarnya saat mengikuti proses pembelajaran di kelas. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Responden penelitian seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa kelas XI IPA memiliki perilaku baik. Hal ini dibuktikan  dengan hasil perhitungan yang diperoleh adalah nilai rata-rata 63,3 dan berada pada kategori “baik”. Adapun nilai rata-rata persentase dari angket perilaku belajar siswa 23% yang berada pada kategori “sangat baik” 30%, yang berada pada kategori “baik”, 26,9% yang berada pada kategori”cukup baik”, dan 19,2% yang berada pada kategori”kurang baik”.

Referensi

Ikbar, Yanuar. 2012. Metode Pendidikan Sosial Kualitatif. Bandung: Renika Aditama.

Muhibin Syah, 2012. Pisikologi pendidikan dengan pendekatan baru, Bandung : Remaja.

Noor, Juliansyah. 2014. Metodologi Penelitian. Jakarta : Kencana prenadamedia Group.

Nurhuda, Teguh Arif dkk. 2017. Kajian Sosiologi Sastra Dan Pendidikan karakter Dalam Novel Simple Miracles Karya Ayu Utami Serta Relevansinya Pada Pembelajaran Sastra Di SMA. Jurnal Ilmiah Didaktika Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, FKI Universitas 11 Maret 2017. 18, No. 1, 2017 (Hal 103-117).

Nasution, N Hanifah, 2022. Perancangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Canvapada Mata Pelajaran Administrasisistem Jaringan. Jurnal Vinertek Vol.2No.3EdisiOktober 2022

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R & D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-11-19

Cara Mengutip

Naga, Febriani Hastini Nasution, & Ahmad Zainy. (2024). ANALISIS PERILAKU BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SIHAPAS BARUMUN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(3), 54–58. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/2397