PERANCANGAN GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR 3 BERBASIS ANDROID DI KELAS X RPL SMK NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR

Penulis

  • Irma Nur Aini Harahap ipts
  • Hanifah Nur Nasution institut pendidikan tapanuli selatan
  • Ahmad Zainy institut pendidikan tapanuli selatan

Kata Kunci:

Perancangan, Game Edukasi, Smart Apps Creator 3, Android, Perangkat Keras Komputer

Abstrak

Teknologi informasi dan komunikasi mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam kemajuan bangsa, khususnya kepada manusia. Teknologi android berkontribusi dalam dunia pendidikan sebagai sarana untuk menjalankan pembelajaran yang interaktif, efektif dan efisien sehingga proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Fenomena yang terjadi adalah anak-anak sering melupakan belajar karena asyik bermain game. Game edukasi yaitu media pembelajaran berupa permainan yang dapat merangsang daya pikir manusia termasuk meningkatkan konsentrasi dan memecahkan sebuah masalah. Game edukasi dapat mengajarkan anak-anak sejumlah keterampilan, dengan belajar sambil bermain dapat menstimulus anak untuk senang belajar. Berdasarkan  hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMK Negeri 1 Angkola Timur dengan bapak Soleh Harahap, bahwa proses belajar mengajar guru belum pernah menggunakan game edukasi sebagai media pembelajaran di kelas, kurangnya variasi belajar sehingga siswa kurang bersemangat, kurang tertarik terhadap penyampaian materi yang dijelaskan dan minat belajar siswa masih rendah. Berdasarkan hasil penelitian perancangan game edukasi menggunakan Smart Apps Creator 3 pada materi perangkat keras komputer untuk meningkatkan minat belajar, hasil dapat dilihat melalui angket respon siswa dimana diperoleh hasil dari angket sebesar 896 dengan hasil presentase 94,31% dalam kategori “sangat layak”, dan angket minat siswa dimana diperoleh hasil dari angket sebesar 1619 dengan hasil presentase 85,21% dalam kategori “sangat minat.”

Referensi

Agustina, R., & Chandra, A. (2017). Analisis Implementasi Game Edkasi “The Hero Diponegoro” Guna Meningkatkan Hasil Belajar Diswa Di Mts. Attariqie Malang.

Ando, M. T., Tulenan, V., & Sentinuwo, S. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Bahasa Daerah Galela Untuk Anak Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Teknik Informatika, 9(1).

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.

Fitriani, D., & Subariah, R. (2022). Perancangan Aplikasi Form Pelayanan Jasa Pada

Studio Foto Produk Unik Erbasis Web Menggunakan Metode Prototype.

Pradana, A. G. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi “AMUDRA” Alat Musik Daerah Berbasis Android. (Vol.2, No. 1,pp. 49-53).

Nasution, N Hanifah, 2022. Perancangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Canvapada Mata Pelajaran Administrasisistem Jaringan. Jurnal Vinertek Vol.2No.3EdisiOktober 2022.

Sugiyono. (2019). Metode Peneitian Pendidikan (Kuantitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Tindakan). Penerbit Alfabeta. Bandung.

Suhartati, 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Smart apps Creator Untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 12(02), 1-8.

Yunus, Y., & Sardiwan, M. (2018). Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis android pada Mata Pelajaran Sistem Komputer.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-10-28

Cara Mengutip

Irma Nur Aini Harahap, Hanifah Nur Nasution, & Ahmad Zainy. (2024). PERANCANGAN GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR 3 BERBASIS ANDROID DI KELAS X RPL SMK NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 4(3), 12–19. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/2392

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >>