PEMBUATAN SABUN CUCI PIRING DI SEKOLAH MAN 1 SIPIROK

Isi Artikel Utama

Sari Wahyuni Rozi Nasution
Roslian Lubis
Unita Sukma Zuliani Nasution

Abstrak

Sosialisasi ini dilaksanakan di MAN Tapanuli Selatan dengan alamat Jalan Simangambat, Kelurahan Bungabondar, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan. Sosialisasi dilaksanakan pada Senin, 21 Maret 2022. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa di MAN Tapanuli Selatan mengenai proses pengolahan bahan kimia menjadi produk sabun yang aman terhadap lingkungan agar dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat juga digunakan sebagai industri rumah tangga. Penyusun menyadari bahwa kegiatan observasi tidak akan berjalan dengan baik tanpa kesediaan waktu, tempat serta kerja sama dari Bapak Syarifuddin Siregar, S. Pd selaku WKM Kesiswaan sekolah MAN Tapanuli Selatan dan Ibu Herlina Rizky Ritonga, S. Si selaku guru yang mengantarkan kami ke kelas untuk melakukan sosialisasi dan siswa-siswi kelas X-MIA 3 MAN Tapanuli Selatan sebagai peserta dalam sosialisasi kami.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rozi Nasution, Sari Wahyuni, Roslian Lubis, dan Unita Sukma Zuliani Nasution. “PEMBUATAN SABUN CUCI PIRING DI SEKOLAH MAN 1 SIPIROK”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (Februari 10, 2023): 131–136. Diakses April 24, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1209.
Bagian
adam

Referensi

Dalimunthe, Nur Asyiah (2009) Pemanfaatan Minyak Goreng Bekas Menjadi Sabun Mandi Padat. Jurusan Teknik Kimia. Tesis : Universitas Sumatera Utara.

Djatmiko, B. dan A.P. Widjaja(1973)Minyak dan Lemak. Departemen THP IPB. Bogor.

Eko, Y.F. dkk. (2012) Pengambilan Minyak Atsiri dari Daun dan Batang Serai Wangi (Cymbopogon Winterianus) Menggunakan Metode Distilasi Uap dan Air dengan Pemanasan Microwave. Jurusan Teknik Kimia, Fakultas eknologi Industri. ITS.

Fessenden, R.J dan Fessenden, J.S. (1994) Kimia Organik, Jilid 2, Edisi ke 3. Jakarta : Erlangga

Gusviputri, A. dkk. (2013) Pembuatan Sabun dengan Lidah Buaya (Aloe Vera) sebagai Antiseptik Alami, Widya Teknik, 12(I), 11-21.

Ketaren, S. (1986) Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan. Cetakan Pertama. Jakarta : UI-Press.

Sumarlin, La Ode, et al. Analisis Mutu Minyak Jelantah Hasil Peremajaan Menggunakan Tanah Diatomit Alami dan Terkalsinasi. Jakarta : Program Syudi Kimia FST UIN Syarif Hidayatullah

Susinggih, Wijana. dkk. (2005) Mengolah Minyak Goreng Bekas. Surabaya : Trubus Agrisarana.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama