LITERASI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENGENALAN PERANGKAT KOMPUTER DI SMP NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN

Isi Artikel Utama

Sari Wahyuni Rozi Nasution
Hanifah Nur Nasution
Unita Sukma Zuliani Nasution
Thofik Hidayat
Ahmad Zainy
Riswan Aditya

Abstrak

PkM ini bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa di SMP Negeri 1 Angkola Selatan melalui pembelajaran pengenalan perangkat komputer. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat literasi siswa, khususnya dalam pemahaman teknologi informasi dan komunikasi, yang krusial di era digital saat ini. Metode yang digunakan dalam program pengabdian kepada masyarakat ini meliputi penyampaian materi interaktif, demonstrasi langsung perangkat komputer, dan sesi praktik mandiri bagi siswa. Evaluasi program akan dilakukan melalui observasi partisipasi siswa, kuesioner pemahaman awal dan akhir, serta analisis hasil kegiatan praktik. Diharapkan program ini dapat secara signifikan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa terkait perangkat komputer, sehingga berdampak positif pada kemampuan literasi digital mereka secara keseluruhan. Hasil akhir dari program ini diharapkan dapat menjadi model pembelajaran yang efektif untuk diterapkan di sekolah lain dalam upaya meningkatkan kompetensi teknologi siswa.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nasution, Sari Wahyuni Rozi, Hanifah Nur Nasution, Unita Sukma Zuliani Nasution, Thofik Hidayat, Ahmad Zainy, dan Riswan Aditya. “LITERASI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENGENALAN PERANGKAT KOMPUTER DI SMP NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 2 (Agustus 4, 2025): 153–157. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/3629.
Bagian
adam

Referensi

A.F. Ramadhan, A. D. Putra, and A. Surahman, “APLIKASI PENGENALAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER BERBASIS ANDROID MENGGUNAKANAUGMENTED REALITY (AR),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 2, pp. 24–31, 2021.

Hadad, S., Watted, A., & Blau, I. (2023). Cultural background in digital literacy of elementary and middle school students: Self‐appraisal versus actual performance. Journal of Computer Assisted Learning, 39(5), 1591–1606.

R. Yuli Endra and D. Resha Agustina, “Expert-Jurnal Management Sistem Informasi dan Teknologi MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY”.

Yahfizham, DASAR-DASAR KOMPUTER, 1st ed., vol. 1. Medan: Perdana Publishing, 2019. Accessed: 20, 2023. [Online]. Available: chrome extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/http://repository.uinsu.ac.id/8068/1/DASAR DASAR%20KOMPUTER.pdf

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama