READ ALOUD SEBAGAI STRATEGI MENUMBUHKEMBANGKAN LITERASI ANAK DESA PARAN DOLOK MARDOMU
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu bentuk peningkatan kemampuan literasi dengan menambah kosa kata baru, mendengarkan dan menumbuhkan minat baca anak-anak Desa Paran Dolok Mardomu. Kegiatan ini dilakukan dengan memperkenalkan strategi menarik untuk meningkatkan literasi anak. Strategi read aloud adalah strategi membacakan buku cerita secara nyaring pada anak-anak untuk menarik perhatian mereka. Read aloud dilakukan dengan memperlihatkan gambar dan ada tanya jawab serta melakukan ice breaking di awal dan akhir kegiatan. Pengabdian ini lahir dari adanya masalah yang ditemukan yaitu rendahnya minat anak-anak dalam membaca, karena lingkungan yang kurang mendukung seperti kurangnya peran perpustakaan, ketidaktersediaan buku atau bahan bacaan dan lainnya.
Read Aloud membantu anak menambah kosa kata, terutama kosa kata bahasa buku yang dipergunakan untuk membaca. Reading aloud atau membaca nyaring merupakan metode membaca suatu teks dengan keras yang dapat membantu memfokuskan perhatian secara mental, menimbulkan pertanyaan-pertanyaan dan merancang diskusi. Metode ini mempunyai efek pada memusatkan perhatian dan membuat kelompok yang kohesif. Tujuan dari pengabdian ini dilakukan adalah untuk meningkatkan dan menumbuhkan minat literasi anak-anak di Desa Paran Dolok Mardomu. Adapun hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi literasi yang baik
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Referensi
Pricilia, G. M. . (2024). PENERAPAN READ ALOUD UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI DALAM WISATA LITERASI DI PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA PADANGSIDIMPUAN. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 242–248. https://doi.org/10.37081/adam.v3i1.1752
Trelease, J. (2017). The Read-Aloud Handbook. New York: Penguin (USA) LLC.