DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF INTERNET BAGI USIA SEKOLAH DI KELURAHAN LAUCIMBA KECAMATAN KABANJAHE KABUPATEN KARO

Isi Artikel Utama

Pelista Pelista
Wisnu Saputra Sembiring
Jainab Jainab
Srie Faizah Lisnasari

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan Dampak Positif dan Negatif Internet Bagi Usia Sekolah di Kelurahan Laucimba Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo, sehingga Orang tua dan anak dapat memahami  dampak positif dan negatif Internet bagi usia sekolah. Metode yang dilakukan dalam Sosialisasi ini terdiri dari beberapa tahap : Team Dosen PGSD/Penceramah melakukan orientasi kepada Lurah dan Orang tua, melakukan pembekalan ceramah tentang Dampak Positif dan Negatif Internet Bagi Usia Sekolah, melaksanakan ceramah tentang Dampak Positif dan Negatif Internet Bagi Usia Sekolah, melakukan monitoring dan Evaluasi  Program, melakukan laporan kegiatan. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini, orangtua harus tetap mendampingi anaknya ketika mereka bereksplorasi dengan internet rumah. mengajarkan perilaku berinternet yang sehat kepada anak. Siswa dan orang tua memahami tentang berbagai resiko yang dihadapi ketika berkomunikasi dengan orang yang tidak dikenal melalui internet.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pelista, Pelista, Wisnu Saputra Sembiring, Jainab Jainab, dan Srie Faizah Lisnasari. “DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF INTERNET BAGI USIA SEKOLAH DI KELURAHAN LAUCIMBA KECAMATAN KABANJAHE KABUPATEN KARO”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (Februari 8, 2024): 229–236. Diakses April 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/1778.
Bagian
adam

Referensi

Anderson, C. A., & Dill, K. E. (2000). Video games and aggressive thoughts, feelings, and behavior in the laboratory and in life. Journal of Personality and Social Psychology, 78(4), 772–790.

Greenfield, P. M. (2014). Mind and media: The effects of television, video games, and computers. Psychology Press.

Lenhart, A. (2015). Teens, Social Media & Technology Overview 2015. Pew Research Center. https://www.pewresearch.org/internet/2015/04/09/teens-social-media-technology-2015/

Livingstone, S., & Helsper, E. J. (2007). Gradations in digital inclusion: Children, young people, and the digital divide. New Media & Society, 9(4), 671–696.

Subrahmanyam, K., & Šmahel, D. (2011). Digital youth: The role of media in development. Springer Science & Business Media.

Twenge, J. M. (2017). IGen: Why Today's Super-Connected Kids Are Growing Up Less Rebellious, More Tolerant, Less Happy--and Completely Unprepared for Adulthood--and What That Means for the Rest of Us. Atria Books.

Valkenburg, P. M., & Peter, J. (2011). Online communication among adolescents: An integrated model of its attraction, opportunities, and risks. Journal of Adolescent Health, 48(2), 121–127.

Viner, R. M., Davie, R. M., Firth, A., & Wells, J. C. (2019). Adolescence and later life disease burden: Quantifying the contribution of adolescent tobacco initiation from longitudinal cohort studies. The Lancet, 394(10202), S15.

Wood, R. T. A., Griffiths, M. D., & Parke, A. (2007). Experiences of time loss among videogame players: An empirical study. CyberPsychology & Behavior, 10(1), 38–44.

Lenhart, A., Ling, R., Campbell, S., & Purcell, K. (2010). Teens and mobile phones. Pew Research Center. https://www.pewresearch.org/internet/2010/04/20/teens-and-mobile-phones/

O’Keeffe, G. S., & Clarke-Pearson, K. (2011). Clinical report—the impact of social media on children, adolescents, and families. Pediatrics, 127(4), 800–804.

Rideout, V. J. (2015). The Common Sense Census: Media use by tweens and teens. Common Sense Media. https://www.commonsensemedia.org/research/the-common-sense-census-media-use-by-tweens-and-teens

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama